99 Replika Masjid deari 26 Negara Akan Dibangun

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Bogor – Tahun depan sebanyak 99 replika masjid dari 26 negara tersebut akan dibangun di area kaki Gunung Halimun, Desa Pasirmadang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Luasnya mencapai mencapai 215 hektare.  Sebagai langkah awal, beberapa utusan serta ulama dari berbagai negara telah melakukan peninjauan lokasi, Sabtu (20/1). Mereka datang dari Suriah, Iran, Tiongkok, Tunisia, Rusia dan Maroko. Ada juga pangeran dari Kesultanan Cirebon yang ikut datang. Nantinya, tempat wisata religi tersebut  bakal  meningkat perekonomian warga sekitar dan menggaet turis mancanegara.

Rencana ulama-ulama dunia itu mendapat tanggapan positif Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi. Dalam sambutannya, ia menceritakan tahapan pemilihan lokasi pembangunan masjid dunia tersebut sebelum ditentukan di Bukit Pasir Gocap. “Awalnya, lokasi yang direncanakan adalah kawasan Bogor Timur, Utara. Setelah para ulama- ulama istikharah akhirnya ditentukan titiknya di Bukit Pasir Gocap di Desa Pasirmadang,” ujarnya saat menghadiri acara tasyakuran pembangunan “99 World Mosques Miniature Park”.

Bacaan Lainnya

Selain 99 replika masjid, lanjutnya. di lokasi tersebut juga akan dibangun beberapa fasilitas lain dari rumah sakit, universitas bertaraf internasional dan pastinya para pelaku UKM yang nantinya bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar.  Banyak yang bisa dilakukan masyarakat untuk menggerakkan perekonomian apabila nantinya destinasi wisata religi ini mampu menarik banyak wisatawan.

“Diharapkan menjadi magnet pembangunan wilayah Bogor Barat dan mengaet turis mancanegara. Program ini juga merupakan solusi mengentaskan angka pengangguran di Kabupaten Bogor,” bebernya.

Ia menambahkan, ditargetkan pembangunan 99 Masjid bisa dibangun pertengahan 2019. Pemkab Bogor sudah menjalin kerja sama dengan pihak terkait dalam mengadakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dalam membangun akses jalan. Tak hanya itu  Wakil Gubernur Deddy Mizwar juga telah datang meninjau lokasi. “Sejauh ini, tahapan prapembangunan sudah mencapai pengurusan perizinan. Untuk pembiayaan, kami nanti berbagi dengan negara-negara lain yang miniatur masjidnya ada di sini,”pungkasnya.(RJN Group)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *