Satpol PP Sosialisasikan Protokol Covid-19 Pakai Basa Cerbon

  • Whatsapp

RJN, Cirebon – Inovasi yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon, cukup mendapatkan perhatian masyarakat. Inovasi ini berupa pemakaian Bahasa Cirebon (Basa Cerbon) dalam penyampaian sosialisasi protokol kesehatan Covid-19.

Kasatpol PP Andi Armawan mengatakan, pihaknya sengaja memakai Basa Cerbon ini agar mudah dipahami, diingat dan menarik perhatian masyarakat. Mengingat sebagian besar masyarakat Kota Cirebon masih menggunakan Basa Cerbon dalam penuturan sehari-harinya.

Bacaan Lainnya

“Upaya pemerintah untuk mengingatkan masyarakat terkait protokol kesehatan terus dilakukan. Karena pandemi Covid-19 ini belum berakhir, walaupun saat ini masuk pada masa AKB,” jelas Andi, Minggu (12/7/20).

Andi mencontohkan beberapa kalimat dalam Basa Cerbon, diantaranya “Nganggo Masker Amber Virus Corona Beli Ngintil Sampe Umah Ira” kemudian ada juga “Tengeling Aja Sampe Kita Kena Corona” dan “Aja Klayaban Bae Lagi Akeh Virus Corona”.

Untuk lokasi sosialisasi, lanjutnya, menyasar tempat strategis. Seperti perempatan lampu merah, pasar, mall dan tempat umum lainnya. Selain itu pihaknya berpatroli keliling kota dengan membawa poster bertuliskan Basa Cerbon tersebut.

Selain petugas dari Satpol PP, Andi juga mengerahkan ratusan Satlinmas yang dibawah binaannya. Satlinmas ini yang sehari-hari bertugas dan berpatroli di jalanan Kota Cirebon. Sekaligus mengingatkan agar masyarakat tetap mempergunakan masker dan menjaga jarak.

“Upaya kami ini agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Mohon maaf bila petugas kami menegur bila ada yang tidak memakai masker, karena ini demi memutuskan mata rantai penularan Covid-19,” tandasnya.

(red/rjn)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *