oleh

Pemkab Bekasi Tunjuk 4 OPD Menjadi Plt Kepala OPD Yang Kosong

RJN, Bekasi – Empat kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bekasi ditunjuk menjadi pelaksana tugas (Plt) kepala OPD yang kosong. Penunjukan itu dilakukan usai rotasi mutasi 22 eselon II pada Rabu (22/6/2019) kemarin.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju mengatakan, penunjukan Plt untuk mengisi kekosongan jabatan di empat OPD.

“Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala dinas di empat OPD itu, bupati kemarin sudah menunjuk pelaksana tugasnya,” katanya.

Empat jabatan yang kosong adalah kepala Dinas PUPR, kepala Dinas Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora), kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dan kepala Satpol PP.

“Penunjukan pelaksana tugas memang menjadi kewenangan beliau (Bupati). Beliau yang memiliki hak prerogatif atas hal ini,” katanya.

Hasil penunjukkan Bupati Bekasi, untuk Plt kepala Dinas PUPR dijabat Entah Ismanto yang saat ini juga menjabat Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Sementara Plt kepala Disbudpora diserahkan kepada Nani Suwarni yang kini menjabat kepala Dinas Pertanian.

Kemudian posisi Plt kepala Disdamkar diberikan kepada Farid Setiawan yang juga menjabat kepala Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana. Terakhir posisi Plt kepala Satpol PP yang dimandatkan kepada MA Supratman selaku Kepala Inspektorat Kabupaten Bekasi.

Meski hanya menjabat sebagai pelaksana tugas yang bersifat sementara, Uju memastikan tugas dan kewenangan mereka sama seperti jabatan definitif.

“Yang membedakan, mereka hanya menerima surat perintah, bukan SK (Surat Keputusan) Bupati Bekasi,” ungkapnya.

Uju mengatakan, pemerintah daerah akan lebih mengoptimalkan kinerja setiap perangkatnya. Oleh sebab itu dalam waktu dekat pihaknya akan lelang jabatan untuk menjaring pejabat pimpinan tinggi pratama setingkat eselon II yang nantinya ditempatkan di empat jabatan perangkat yang kosong sebagai kepala dinas definitif.

“Sedang kami persiapkan untuk pelaksanaan open bidding (lelang jabatan) semoga segera digelar,” katanya. (Advertorial)

Komentar

News Feed