oleh

Masa Sih Cirebon Kini Punya Candi Borobudur?

RJN, Cirebon– Siapa bilang Candi Borobudur hanya ada di Magelang saja? Di Cirebon juga ternyata ada Candi Borobudur, meskipun hanya miniatur saja. Dan juga, usianya masih baru.

Miniatur Candi Borobudur ini terletak di lantai dua Klenteng Hok Keng Tong atau Vihara Dharma Sukha di Weru Kabupaten Cirebon. Candi ini dibuat dan dipahat oleh orang-orang yang berada di lingkungan sekitar Candi Borobudur, tepatnya di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, dengan menggunakan bahan batu yang sama dengan batu di Candi Borobudur.

Miniatur Candi Borobudur ini memiliki tinggi sekitar 3 meter. Terdapat 1 stupa besar manunggal di tengah dan 8 stupa kecil yang menggelilingi stupa manunggal. Kedelapan stupa kecil tersebut melambangkan Hasta Arya Marga atau Delapan Jalan Utama dari inti ajaran Agama Budha.

Tidak diketahui berapa lama pengerjaan candi ini. Karena, candi ini ditaruh di klenteng sejak tahun 2016, setelah proses renovasi klenteng selesai. Miniatur candi ini sengaja ditaruh di lantai dua karena agar tidak diinjak-injak oleh orang. Dan juga, tidak ada tempat lagi jika ditaruh di bawah.

Keberadaan miniatur Candi Borobudur ini hanyalah simbolis saja, bahwa ini adalah tempat beribadahnya umat Budha di Klenteng Hok Keng Tong. Karena klenteng itu sendiri merupakan tempat ajaran dari Tridharma.

(jup/rjn)

Komentar

News Feed