oleh

Koramil Harjamukti Dampingi Petani Jagung Tingkatkan Produktivitas

RJN, Cirebon – TNI dari Koramil 1402/Harjamukti Kodim 0614/Kota Cirebon memberikan pendampingan dan edukasi kepada kelompok tani Mulya Tani di Kelurahan Kecapi, Kota Cirebon, Jumat (20/9/2019).

Pendampingan dilakukan agar kualitas dan kuantitas hasil pertanian terutama jagung, meningkat serta dapat memenuhi kebutuhan pasar maupun konsumsi rumah tangga. Pasalnya, jagung merupakan salah satu sumber pangan yang dapat menggantikan nasi karena mengandung nilai gizi yang hampir sama.

Babinsa Kelurahan Kecapi Sertu Supriyanto mengatakan, Poktan Mulya Tani milik Jumadi seluas satu hektar dengan kondisi saat ini memasuki usia dua bulan. “Kami melakukan pengecekan mulai dari kondisi tanah, perkembangan tanaman, hingga prediksi hasil penen,” katanya.

Sertu Supriyanto mengungkapkan, tanaman jagung merupakan salah satu komoditas pertanian selain padi yang saat ini belum dapat ditanam oleh petani khususnya di Kota Cirebon. Oleh karenanya, tanaman ini harus dirawat dengan baik sehingga hasil panen sesuai harapan.

“Kondisi sawah di wilayah Kota Cirebon yang tadah hujan dan sekarang dalam kondisi kering,” imbuhnya.

Ia menambahkan, selain dikenal sebagai sumber karbohidrat, jagung juga kaya akan nutrisi. Jagung menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya jika konsumsi jagung mulai ditingkatkan menggantikan nasi putih.

“Selain meningkatkan energi, banyak manfaat kesehatan yang diperoleh bagi tubuh. Di antaranya adalah melawan anemia, melawan kanker, meningkatkan kadar vitamin A, baik untuk pencernaan dan kaya vitamin B,” pungkasnya.

(gie/rjn)

Komentar

News Feed