Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Hoaks di Medsos

oleh -
Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Akbar Khadafi saat menjadi narasumber dalam acara IKP Fest 2023, Diskusi Bekasi Berani Lawan Hoaks Pemilu 2024, di hotel Holiday Inn, pada Rabu, (29/11/2023).

Bekasi – Pada sesi diskusi IKP Fest 2023 yang digelar Diskominfosantik, Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Akbar Khadafi menjelaskan mengenai antisipasi penanganan hoaks Pemilu 2024. Bawaslu Kabupaten Bekasi memiliki kewenangan mengawasi media sosial peserta Pemilu yang didaftarkan ke KPU Kabupaten Bekasi maupun yang tidak didaftarkan.

Biasanya peserta Pemilu hanya mendaftarkan media sosial partai yang jumlahnya masih dapat terpantau. Tetapi melihat jumlah ratusan Calon Legislatif (Caleg) sebagai peserta Pemilu yang jumlahnya 854 orang ini, Bawaslu mengharapkan peran serta masyarakat ikut mengawasi.

Bahkan melaporkan akun media sosial para caleg yang memang terbukti melakukan penyebaran hoaks maupun kampanye hitam dan kampanye negatif. Bawaslu juga sudah aktif melakukan sosialisasi mengenai pengawasan partisipatif agar masyarakat punya kesadaran dan keberanian untuk melapor.

“Di sini ada 854 Caleg yang memperebutkan 56 kursi, kita agak kesulitan mendeteksi tanpa peran serta masyarakat di Kabupaten Bekasi. Makanya fokus Bawaslu pada media sosial yang didaftarkan pada KPU. Dalam konteks pengawasan partisipatif kita sudah melakukan baik secara langsung maupun melalui media yang dimiliki Bawaslu. Jadi kita memberikan kesadaran kepada masyarakat dalam hal perlaporan ya,” jelas Akbar Khadafi saat menjadi narasumber dalam acara IKP Fest 2023, Diskusi Bekasi Berani Lawan Hoaks Pemilu 2024, di hotel Holiday Inn, pada Rabu, (29/11/2023).

Berita Rekomendasi

Comment