oleh

Jasa Marga Gelar Fun Rally Tertib Berlalu Lintas 2018

RJN, Bandung – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali menggelar kegiatan untuk edukasi bagi pengguna jalan tol melalui Fun Rally Tertib Berlalu Lintas 2018, Sabtu (3/11/2018).

Kegiatan ini dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat agar selalu mengedepankan faktor keselamatan dalam berlalu lintas.

Tahun ini, kegiatan fun rally dilakukan di Jalan Tol Cipularang, dengan mengambil rute Gerbang Tol (GT) Pasteur-Rest Area Km 88 arah Jakarta, dengan total jarak tempuh 71 Km. Para peserta diajak untuk menerapkan perilaku tertib berlalu lintas dalam berkendara di manapun mereka berada.

Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur didampingi oleh Vice President (VP) Operation Management Jasa Marga Bagus Cahya AB dan General Manager (GM) Jasa Marga Cabang Purbaleunyi A.J. Dwi Winarsa, dalam upacara pembukaan acara ini menyatakan bahwa kampanye ketertiban berlalu lintas harus terus digalakkan secara berkelanjutan demi meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas.

“Jadi ini fun rally merupakan kegiatan edukasi kedua yang telah diselenggarakan Jasa Marga tahun ini. Sebelumnya, kita adakan untuk pengemudi bis, safety driving for bus driver, “ujar Subakti Syukur.

Kegiatan Jasa Marga Fun Rally 2018 diikuti oleh 200 peserta dari berbagai komunitas mobil, seperti Suzuki Owner Club (SOC), Ertiga Club Indonesia (ERCI), Suzuki Carry’s Club Indonesia, Honda Accord Indonesia Community (HAIC), Expander Mitsubishi Owner (XMOC), Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC), Avanza Xenia Solutions (AXS), Corolla Twincam Owners Club (CTOC), Ertiga Mania (Erman Bdg), Great Corolla Club (GCC), Honda Jazz Bandung (HJB), Innova Community (IC), New Xenia Avanza Community (Nexa), Pajero Indonesia One (PI-1), Suzuki Esteem Club Indonesia (SECI), Terios Rush Club Indonesia (Teruci).

Selain melakukan konvoi fun rally, acara ini juga diwarnai talkshow interaktif dengan narasumber VP Operation Management Jasa Marga Bagus Cahya AB, Kepala Sub Direktorat Keamanan Keselamatan Direktorat Lalulintas Polda Jawa Barat Mahyudin dan Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi, Direktorat Pembinaan Keselamatan-Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Rudi Irawan. Dalam talkshow tersebut diulas mengenai berkendara yang benar dan aman dari sisi pengguna jalan dan persiapan kendaraan dalam kondisi prima sebelum berkendara.

Pengemudi memang masih menjadi faktor dominan penyebab kecelakaan lalu lintas. Merujuk data kecelakaan yang ada di jalan tol-jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga dan kelompok usahanya sampai September 2018, tercatat telah terjadi kecelakaan dengan jumlah total sebanyak 887 kejadian atau tiga kejadian setiap hari di tahun ini. Total jumlah korban kecelakaan lalu lintas hingga September 2018 dengan korban meninggal dunia sejumlah 77 orang. Adapun faktor penyebab kecelakaan paling banyak adalah faktor pengemudi (84,5%).

Peserta Fun Rally Tertib Berlalu Lintas 2018 Deni dari komunitas ERCI mengungkapkan apresiasinya atas perhatian dari Jasa Marga terhadap ketertiban lalu lintas dan keselamatan pengendara. “Saya mengikuti fun rally Jasa Marga, ini yang kedua, dan buat saya sangat bermanfaat karena banyak sekali pengetahuan yang saya terima mengenai tertib berlalu lintas itu apa saja dan juga kenalan dengan komunitas lainnya. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan oleh Jasa Marga,” ungkapnya.

Fun Rally Tertib Berlalu Lintas 2018 merupakan upaya Jasa Marga dalam menyosialisasikan dan mengedukasi pengguna jalan, khususnya jalan tol untuk menjadikan tertib berlalu lintas sebagai budaya. Tahun ini merupakan tahun ke-2 pelaksanaan Fun Rally Tertib Berlalu Lintas oleh Jasa Marga. Tahun lalu, event tersebut diadakan di Jalan Tol Jagorawi.

Tak hanya dalam event fun rally ini, Jasa Marga juga senantiasa mengadakan acara-acara lainnya yang mengedepankan unsur keselamatan berlalu lintas, seperti Safety Driving for Bus Driver (15 Mei 2018), operasi pengawasan kendaraan Overdimention & Overload, pemasangan Weigh in Motion di Jalan Tol Semarang yang saat ini masih dikerjakan, serta safety campaign di sejumlah rest area. (red/rjn)

Komentar

News Feed