Gandeng Komunitas Anak Muda, Kampanyekan MRSF

oleh -

RJN, Cirebon – Polres Cirebon dan Polres Cirebon Kota selamatkan jiwa kaum milenial di jalanan dengan mengkampanyekan “Milenial Road Safety Festival” (MRSF).

Selain menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, kampanye ini juga untuk meningkatkan kesadaran generasi muda untuk mentaati peraturan. Karena antara keselamatan dan peraturan lalu lintas sangat erat kaitannya.

Hanya berbeda satu hari, kedua Polres di Polda Jabar ini menggandeng pelajar, mahasiswa, komunitas otomotif, dan organisasi kepemudaan bersama-sama mendeklarasikan keselamatan dan ketaatan lalu lintas. Kegiatan ini juga diisi dengan atraksi freestyle, pentas seni, freestyle moge Mojang Lodaya, dan lainnya.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto mengatakan, usia produktif antara 17 hingga 35 tahun sangat rentan terhadap kecelakaan lalu lintas. Kepemilikan jendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat pada usia ini pun terbilang cukup tinggi.

“Usia muda yang penuh dengan aktifitas di jalan, harus dibarengi dengan kesadaran berlalu lintas yang baik dan keselamatan juga penting. Jangan sampai, generasi kita mati sia-sia di jalanan,” katanya.

Sementara, Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy mengatakan, komunitas atau club motor di Cirebon cukup banyak dan didominasi oleh kalangan milenial. Mereka bisa menjadi perpanjangan tangan petugas untuk mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas.

“Pelajar, club motor, club mobil, dan organisasi kepemudaan lainnya dapat menjadi pelopor berlalu lintas yang aman dan patuh aturan,” katanya.

Ia berharap, ketaatan berlalu lintas tidak hanya jika ada petugas saja tapi dapat tumbuh di dalam diri kalangan remaja dengan sendirinya.

Sementara itu,ratusan pesepeda yang sebagian besar generasi milenial ramaikan apel besar dan event gowes yang digelar Polres Majalengka dalam rangkaian “Milenial Road Safety Festival” di halaman Mapolres setempat, (03/02).

Giat gowes yang bertajuk “bike to school, bike to work, back to bike”. Merupakan upaya satlantas polres majalengka untuk mengkampanyekan kembali pengunaan sepeda dalam aktivitas keseharian masyarakat terutama generasi milenial. Diharapkan dengan bersepeda, dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang dalam hal ini kendaraan bermotor.

Dalam sambutannya Kapolres Majalengka AKBP Mariyono mengajak kepada masyarakat untuk perlahan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan beralih ke sepeda. Selain ramah lingkungan dan sehat bersepeda juga efisien.

“Minimal sekolah dan tempat kerjanya dekat bisa pakai sepeda juga”, ungkap Kapolres.(gie/rjn)

Berita Rekomendasi

Comment