oleh

5 Fakta Unik Bekasi yang Harus Anda Tahu

RJN – Bekasi merupakan tempat berkumpulnya orang dari berbagai suku. Ada berbagai fakta di Bekasi baik kota maupun kabupatennya yang mungkin belum kalian ketahui. Ini dia 5 fakta tentang Bekasi yang harus kalian ketahui.

1. Di Kabupaten Bekasi terdapat Kesenian Khas Ujungan

Kabupaten Bekasi memiliki kesenian khasnya tersendiri. Kesenian tersebut diberi nama kesenian ujungan, yang dimana seni ini menggabungkan antara seni bela diri, seni tari dan seni musik. Hebatnya lagi kesenian tradisonal ini masih mampu bertahan ditengah arus modernisasi yang semakin menguat. Kesenian ini umumnya dapat di jumpai di daerah pelosok-pelosok di Bekasi.

2. Banyak Tempat Bersejarah di Kabupaten Bekasi

Bekasi memiliki tempat-tempat bersejarah yang memiliki peran di dalam kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah Masjid Al-Mujahidin yang terletak di Kampung Babakan Cibarusah (KBC). Tempat ini dahulu menjadi markas pelatihan para pejuang hizbullah dalam memperjuangkan kemerdekaannya.

Bukan hanya masjid Al Mujahidin saja, ada banyak sekali tempat bersejarah seperti Gedung Juang 45 yang kalau kita masuk lebih dalam akan menemukan bunker yang terhubung langsung dengan Stasiun Tambun. Ada juga Saung Rangoon yang merupakan salah satu bangunan tertua di kabupaten Bekasi, yang dimana bangunan ini sempat menghilang pada tahun 1821.

3. Bahasa di Bekasi

Fakta menarik lainnya yang ada di Bekasi adalah bahasanya merupakan campuran antara Sunda dan Betawi. Ini dikarenakan ayoritas penduduk Bekasi kebanyakan dari penduduk dengan etnis Sunda dan Betawi.

4.Terdapat Satwa Endemik “Lutung Jawa”

Kabupaten Bekasi memiliki satwa endemik yaitu Lutung Jawa (Trachypithecys Auratus Mauritus). Satwa endemik ini berada di sepanjang pesisir Kecamatan Muara Gembong yang dimana saat ini keberadaanya diambang kepunahan dengan jumlah kurang dari 100 ekor.

5. Kabupaten Bekasi Memiliki Banyak Industri

Kabupaten Bekasi dikenal dengan sebutan kota industri. Hal ini dikarenakan banyak sekali pabrik berjejeran dan berkumpul dalam suatu kawasan industri. Beberapa kawasan industri di Kabupaten Bekasi seperti Kawasan Ejip, Hyundai, Delta Silicon, Jababeka, sampai kawasan industri MM 2100.
(red)

Komentar

News Feed