oleh

170 Klub Sepeda dan Ribuan Peserta Siap Ramaikan Fun Bike Tour de Linggarjati

RJN, Kuningan – Setiap tahun, peserta Fun Bike Tour de Linggarjati makin meningkat. Hal ini terbukti, bahwa jumlah pesepeda yang terdaftar mencapai 170 klub sepeda dengan 4.000 orang lebih dari berbagai penjuru tanah air.

Diperkirakan even TdL kali kelima ini akan lebih meriah dibanding tahun lalu, sebab persiapan panitia lebih matang. Selain Fun Bike, akan diadakan pula even Free Style BMX yang menampilkan ketangkasan para bikers BMX dalam memainkan gaya ekstrim bersepeda.

Adapula gelaran baru yang memeriahkan even TdL ke-V yakni Festival Tour de Linggarjati. Festival ini menyuguhkan beragam kuliner khas Kuningan, yang akan dipusatkan di Jalan Dewi Sartika Kuningan. Untuk diketahui Tour de Linggarjati merupakan even balap sepeda nomor road race yang cukup dikenal luas, tak hanya oleh pegiat olahraga sepeda di Tanah Air, juga di luar negeri.

“Kita ketahui bersama, bahwa Jalan Dewi Sartika adalah pusat jajanan dan tempat nongkrong anak-anak muda Kota Kuningan. Semua jajanan dan kuliner khas ada mulai dari Hucap, Kasreng, dan banyak pusat jajanan di daerah itu,” kata Ketua TdL ke-V, Agus Sadeli didampingi Ketua II TdL, U Kusmana MSi dan Kabag Humas Setda, Dr Wahyu Hidayah MSi kepada media.

Diharapkan, adanya festival kuliner TdL ini, kedepan akan semakin memotivasi para pengusaha kuliner di Kabupaten Kuningan agar terus berinovasi terhadap ragam kuliner Kota Kuda. Sehingga kuliner-kuliner Kuningan akan mampu bersaing dengan kuliner dari daerah lain.

“Gelaran TdL kali ini akan banyak yang berbeda mulai dari adanya Free Style BMX, festival kuliner, dan juga ada Fun Bike yang akan diikuti sebanyak 170 klub dari berbagai penjuru tanah air,” sebutnya.

Pihaknya meminta, agar seluruh warga masyarakat Kabupaten Kuningan ikut memanfaatkan event ini agar bernilai ekonomis bagi masyarakat Kuningan. Sehingga dampak ekonomi akan terasa oleh warga masyarakat itu sendiri.

“Silahkan masyarakat membuat kerajianan cendera mata khas Kuningan seperti kaos maupun cendera mata lainnya untuk dipasarkan. Sebab akan banyak wisatawan yang datang ke Kabupaten Kuningan,” imbaunya.

Dia menambahkan, saat penutupan pendaftaran pada Jumat (13/9) depan, diperkirakan akan ada 5.000 peserta yang akan mengikuti Fun Bike TdL ke-V.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama mensukseskan acara Tour de Linggarjati. Semoga dapat memberikan manfaat dan bernilai ekonomi untuk warga Kabupaten Kuningan,” ajaknya.

Sekda Kuningan DR H Dian Rachmat Yanuar MSi menekankan, bahwa buah manis dari kegiatan ini akan dirasakan oleh masyarakat dalam hal perputaran roda ekonomi. Konsistensi selama lima kali pelaksanaan makin menguatkan dukungan tidak hanya dari Kemenpar RI, tapi juga dari Kemenpora RI.

“Bahkan setelah berkesempatan bertemu langsung dengan Gubernur Jawa Barat, Pemprov Jabar akan menetapkan Kuningan sebagai lokasi setiap kejuaraan sepeda yang digelar di Jawa Barat. Jika kepercayaan pihak luar sedemikian besarnya untuk Kuningan, saya berharap warga Kuningan juga dapat menangkap hal tersebut sebagai peluang untuk berkembang, jadilah tuan rumah yang baik,” bebernya.

Pihaknya juga menyampaikan, permohonan maaf jika aktivitas rutin warga sedikit terganggu dengan adanya perhelatan ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda menuturkan, sebagai pimpinan daerah cukup berbangga hati diantara keterbatasan sumber daya, ternyata Kuningan mampu menyelenggarakan even internasional secara konsisten dan berjalan dengan lancar.

“Animo peserta dan penonton tidak pernah surut dari tahun ke tahun untuk mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Dia berharap, kegiatan ini akan mampu mendongkrak kunjungan wisata serta pembangunan di bidang kepariwisataan di Kabupaten Kuningan. Sebagai core bussines daerah, pariwisata Kuningan memang cukup menjanjikan, hanya dibutuhkan kreativitas dan re-packaging potensi wisata yang sudah ada.

(red/rjn)

Komentar

News Feed