,

Senam Sparko Kota Bekasi Masuk Rekor Muri dengan Peserta Terbanyak

oleh -

RJN,Bekasi– Kurang lebih 40 ribu peserta warga kota Bekasi tercatat oleh Museum Rekor Indonesia menjadi peserta Senam Spartan Komando (Sparko) Terbanyak berlangsung di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Selasa, (6/8/2019).

Jumlah peserta ini memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai Senam Sparko Peserta Terbanyak.

Triyono selaku perwakilan Muri mengatakan rekor ini menjadi pertama di Indonesia bahkan menurutnya menjadi rekor dunia karena gerakan senam sparko berasal dari Indonesia hasil karya putra bangsa, penemu Sparko, Eka Wira Dharmawan.

“Ajuan ke Muri membuat rekor 30 ribu dan ini melebihi jumlah bahkan 40 ribu peserta. Pertama di Indonesia bahkan di Dunia. Ini sudah tercatat dan dan sah masuk rekor Muri Indonesia,” kata Triyono.

Triyono perwakilan Muri sekaligus menyerahkan piagam rekor Senam Sparko dengan Peserta Terbanyak dan empat piagam kepada Walikota Bekasi, Kapolres Metro Bekasi, Dandim 0507/Bekasi dan penemu senam sparko.

Puluhan ribu peserta ini mengikuti 10 gerakan senam sparko dari penemunya langsung sebagai instruktur, yakni Mayor Inf Eka Wira Dharmawan. Ia juga seorang perwira menengah TNI-AD, pendiri olahraga Spartan Komando (Sparko) dan di juluki The King Of Sparko. Jabatannya adalah Komandan Batalyon 812 Satuan 81/Kopassus.

Eka Wira Dharmawan begitu antusias melihat semangat yang ditunjukan puluhan ribu peserta yang memadati area dalam stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi.

Begitupun apresiasi King Sparko, julukannya, kepada forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Kota Bekasi terutama Walikota Bekasi Dr H Rahmat Effendi, Wakil Walikota Bekasi Dr Tri Adhianto, Kapolres Metro Bekasi Kota Dr Indarto, Komandan Kodim 0507/Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan.

“Terimakasih masyarakat Bekasi, Forkopimda Kota Bekasi, kita bisarolahraga bersama sambil tetus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Gerakan sederhana Sparko yang saya ciptakan bisa diikuti dengan mudah dan ditingkatkan kekuatan sesuai kemampuan,” kata Eka Wira Dharmawan.

Sementara itu, Walikota Bekasi Dr Rahmat Effendi mengaku bangga atas rekor senam sparko peserta terbanyak yang baru saja tercatat di Muri. Menurutnya, Senam Sparko untuk menyambut dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia dilakukan warga Kota Bekasi.

Selain itu, menjadi budaya baru di Kota Bekasi sebagai satu cara untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh ditegakkan aktifitas kerja yang dijalani. Terutama bagi dirinya dan unsur aparatur Kota Bekasi.

“Hari ini kita bersyukur masyarakat dan aparatur Kota Bekasi memecahkan rekor Muri. Menyambut HUT Ke-74 RI dan Sparko menjadi wajib bagi kita sebagai upaya menjaga kesehatan dan anak kebugaran tubuh. Dan ini sudah rutin kita lakukan setiap Selasa dan Jumat di Stadion Kebanggaan Warga Kota Bekasi, Stadion Patriot Chandrabaga,” kata Rahmat Effendi.

Ia pun berharap tidak ada rekor yang bakal menyamai ataupun memecahkan rekor senam Spartan Kota Bekasi hari ini.

“Mudah-mudahan tidak ada yang memecahkan rekor kota Bekasi. Karena kita niatnya tulus,” ungkap Rahmat Effendi.

(ziz/rjn)

Berita Rekomendasi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments