Ridwan Kamil Komitmen Membangun Badan Cyber untuk Menangkal Aksi Radikalisme dan Terorisme

  • Whatsapp

RakyatJabarNews.com, Bekasi – Gubernur Jabar Nomor urut 1, Ridwan Kamil berkomitmen membangun Badan Cyber untuk menangkal aksi radikalisme dan terorisme. Karena aksi tersebut mengancam ketertiban dan keamanan wilayah.

Seperti diketahui bersama, radikalisme terjadi beberapa tempat di Indonesia, mulai dengan aksi bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya, ledakan bom Sidoarjo, hingga penyerangan di Mapolda Riau. Pada insiden tersebut belasan orang meninggal dan puluhan lainya terluka. Berbagai kalangan mengecam dan mengutuk keras aksi yang telah mengoyak kehidupan berbangsa dan bernegara ini.

Bacaan Lainnya

“Kalau Jabar mau kondusif, mau tenang, dan Jabar bisa mengendalikan saya punya gagasan membuat badan cyber provinsi,” ungkapnya usai bersilahturahmi dengan warga di perumahan Grand Wisata, Bekasi, Rabu (23/5/2018).

Menurutnya teror yang muncul membuat saling tidak percaya dan kegelisahan. Sehingga harus ada perlawanan dalam menghadapi kejahatan tersebut.

“Itu bukan kriminal spontan, tapi ada dalang besar dibaliknya. Dimana ada kekacauan pasti ada yang diuntungkan. Yakni dalang kekacauan itu,” katanya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini, mengatakan sebagai pemimpin akan turun tangan, berdialog dan menjadi moderator untuk menegahi setiap perbedaan. Memastikan tidak ada kebencian yang datang dari salah persepsi.

Dikatakannya tiap zaman pun ada tantangan sendiri, tiap negara dengan revolusi digital punya kegagapan sendiri dalam mengendalikan informasi. 
Sehingga jika tidak dikendalikan, maka kejadiannya seperti di Amerika, ada dua pihak berkelahi padahal akun facebooknya dibuat di luar negeri.

“Nah, hal-hal begitu jangan sampai terjadi di Indonesia. Tujuan Badan Cyber itu kita aman, nyaman menggunakan teknologi media sosial. Sekaligus memastikan tidak ada hal- hal, berita negatif atau hoax yang berseliweran di media sosial yang mempengaruhi anak bangsa di Jabar,” tambahnya.(Ziz/RJN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *