Pemkab Bekasi Manfaatkan Program Prakerja

oleh -
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan akan menerapkan program dari Pemerintah Pusat, Program Prakerja, dalam mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bekasi.

Bekasi – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan akan menerapkan program dari Pemerintah Pusat, Program Prakerja, dalam mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bekasi. Salah satu langkah yaitu akan didorong pembekalan keahlian (skill) kepada calon tenaga kerja agar meningkatkan keterserapan tenaga kerja ke industri atau menciptakan pengusaha baru pada sektor UMKM.

“Kita dalam setahun ini sudah melakukam berbagai jurus mengurangi pengangguran secara signifikan. Sekarang kita coba manfaatkan program Pak Jokowi ini, agar para pencari kerja bisa mengikuti pelatihan dan penyalurannya, nanti ada dua opsi, satu ke industri manufaktur, yang kedua berwirausaha,” ujar Dani Ramdan usai menggelar rapat dengan pihak Prakerja Kemenaker dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Ruang Rapat Bupati Bekasi pada Senin (14/08/2023).

Dani mengakui jika dalam menangani pengangguran dibutuhkan ekstra kerja keras. Berdasarkan hasil rapat, didapati jika setiap tahun kesempatan kerja ke industri hanya 15 ribu per tahun.

Sementara jika melihat data yang diberikan perwakilan Kepala Sekolah, yang mengikuti rapat tersebut, lulusan SMK setiap tahun diperkirakan sudah ada diangka lebih dari 21 ribu orang.

“Belum lulusan SMA, Madrasah Aliyah, dan pencari kerja dari luar daerah. Makanya jawabannya di luar daerah ini yang harus kita dorong, ternyata prakerja bisa memfasilitasi ke sana,” tuturnya.

Pemkab Bekasi bersama MKKS SMK akan melakukan pendataan sebagai data dasar untuk memberikan bekal prakerja sampai pada keterserapannya ke perusahaan. Kemudian targetnya juga lulusan SMA, lalu pencari kerja lainnya.

“Dari data Disnaker saja yang membuat kartu kuning itu bisa kita jadikan data awal, dan kalau program prakerja ini sudah terbilang masif bisa kita buka juga untuk umum,” jelasnya.

Bersama dengan program praakerja ini akan dilakukan pendataan yang lebih detail dari mulai pendataan awal, menyalurkan, melatih, sampai menempatkan para pencari kerja.

“Insya Allah dengan program ini kita akan lebih akseleratif,” pungkasnya. red

Berita Rekomendasi

Comment