Pemkab Bekasi Gelar Upacara Hari Peringatan Pramuka Ke-60 Tahun

oleh -
banner 120x600

rakyatjabarnews.com, Bekasi – Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar Upacara Peringatan Hari Pramuka yang ke-60 tahun, tingkat Kabupaten Bekasi. Sama dengan tahun sebelumnya, seluruh rangkaian acara ini dijaga dengan prokotol kesehatan yang ketat. Bertempat di Plaza Pemda, Cikarang Pusat, pada Sabtu (14/8/2021).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, mengucap rasa syukur karena sejatinya di usia yang genap ke-60 tahun ini gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia tidak mengalami perpecahan, melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut Gerakan Pramuka.
“Hari ini organisasi kepramukaan kita genap berusia 60 tahun, sekalipun sesungguhnya Gerakan Pramuka di Indonesia berusia jauh lebih tua, namun sejak 60 tahun lalu kita tidak lagi terpecah-pecah melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut Gerakan Pramuka, karenanya peringatan ini sebagai wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Maha Kuasa,” ucapnya.
Peringatan ulang tahun pramuka kali ini mengusung tema “Pramuka Berbakti Tanpa Henti Dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Kedisplinan dan Kepedulian Nasional” dengan harapan dapat membantu menanggulangi pandemi Covid-19 yang melanda saat ini.
“Walaupun kita bergembira dapat mengikuti peringatan Hari Pramuka saat ini, tetapi perlu diingat pandemi Covid-19 sejak tahun lalu membuat kita harus disiplin menahan diri, prihatin dan berusaha membantu menanggulangi pandemi ini. Itulah sebabnya kita mengambil tema ini,” ungkap Pj. Bupati Bekasi.
Dirinya menambahkan, Gerakan Pramuka bukanlah organisasi bantuan sosial, akan tetapi sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka, Pramuka tetap menunjukan baktinya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
“Gerakan Pramuka memang bukan organisasi bantuan sosial, namun sesuai Kode Kehormatan Satya dan Darma Pramuka, Pramuka harus menunjukan baktinya untuk mereka yang membutuhkan. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI agar Pramuka melaksanakan dua gerakan yaitu Gerakan Kedispilinan Nasional dan Gerakan Kepedulian Nasional,” tambahnya.
Dirinya berpesan, semua kegiatan bakti kepada masyarakat harus ditingkatkan, dilipat gandakan dan dimasifkan, sesuai dengan slogan Hari Pramuka ke-60 yaitu Pramuka Berbakti Tanpa Henti.
Memasuki adaptasi kebiasaan baru, Pj. Bupati Bekasi Dani mengajak para anggota Pramuka untuk menjadi Duta Perubahan Perilaku, dan diharapkan Pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat di masa pandemi.
Rangkaian upacara hari pramuka tahun ini ditutup dengan penganugerahan tanda penghargaan Gerakan Pramuka dari Pj. Bupati Bekasi kepada lima orang insan pramuka dari Kwartir Daerah Provinsi Jawa Barat yang berupa lencana Dharma Bakti sebagai pernyataan atas jasa baktinya yang besar.
(red)

Comment

No More Posts Available.

No more pages to load.