KPU RI Berencana Coklit Serentak 20 Januari Nanti

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengadakan sejuta mencoklit (pencocokan dan penelitian) di hari dan bulan yang sama, yakni 20 Januari 2018 nanti. Coklit tersebut akan diadakan serentak di seluruh Indonesia.

Menurut Divisi Perencanaan Program dan Data KPU Kota Cirebon M. Iwan Setiawan, coklit tersebut akan dilakukan oleh para Komisioner, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), PPS (Panitia Pemungutan Suara), serta PPDP (Panitia Pemutakhiran Data Pemilih).

“Nantinya mereka ini akan mencoklit bareng pada tanggal segitu. Masing-masing anggota mencoklit lima rumah,” jelasnya saat ditemui RakyatJabarNews.com, Sabtu (16/12).

Iwan menjelaskan, satu anggota Komisioner KPU RI mencoklit 3 rumah, Komisioner KPU Provinsi mencoklit sebanyak 5 rumah, KPU Kabupaten/Kota mencoklit sebanyak 5 rumah, anggota PPK sebanyak 5 rumah, PPS 5 rumah, dan PPDP juga sebanyak 5 rumah.

“Jika dihitung dari total 171 daerah, maka akan didapat jumlah 1.758.000 rumah yang dicoklit pada hari itu,” terangnya.

Lanjut Iwan, rumah yang dipilih pun acak. Dan nantinya, masing-masing petugas yang melakukan pencoklitan itu, akan mendokumentasikannya ke pusat, dan diupload.(Juf/RJN)

Berita Rekomendasi

Comment