Hingga 15 April 2020, Satgas Covid-19 BUMN Jawa Barat Salurkan Bantuan di 11 Wilayah Kota dan Kabupaten

  • Whatsapp

RJN, Bandung – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat yang terdiri dari 43 BUMN di wilayah Jawa Barat dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai koordinator, terus menyalurkan total 23 jenis bantuan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ke berbagai wilayah di Jawa Barat.

Koordinator Satgas Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat Lussy A. Seba menjelaskan, hingga 15 April 2020, total dana tercatat yang telah disalurkan Satgas Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat adalah sebesar Rp4,2 miliar.

“Total dana tersebut telah disalurkan dalam bentuk bantuan berupa material maupun uang tunai yang terus kami koordinasikan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Tujuannya adalah agar tepat sasaran untuk masing-masing wilayah Kota dan Kabupaten di Jawa Barat demi menekan angka penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Berdasarkan data yang diterima oleh Posko Satgas, bantuan tersebut telah disalurkan ke total 11 wilayah dari total 27 wilayah Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat, melalui sejumlah Rumah Sakit dan Puskesmas.

Ada 10 Rumah Sakit yaitu RS Hasan Sadikin Bandung, RS PINDAD Bandung, RS Rotinsulu Bandung, RSUD Kota Bandung, RSKIA Bandung, RSUD Dr Soekardjo Tasikmalaya, RS Jasa Kartini Kota Tasikmalaya, RSUD Subang, RS Cibabat Cimahi dan RS Ummi Bogor. Penyaluran bantuan BUMN juga tersebar di beberapa Puskesmas seperti Puskesmas Pasirluyu dan puskesmas-puskesmas di Kabupaten Karawang.

Hingga 15 April 2020, Satgas Covid-19 BUMN Jawa Barat mencatat mayoritas bantuan yang telah disalurkan adalah perlengkapan untuk tenaga medis yang ada di garda terdepan penanganan Covid. Di antaranya adalah 1 unit ventilator, 1.780 buah _coverall suit (virus protective),_ 2.916 pasang _handscoon,_ 30.799 buah masker medis, 8 unit _thermogun,_
27 buah _head cover,_ 50 buah _surgical gown,_ 200 buah _face shield,_ 87 buah _goggle glass_ serta 74 buah sepatu bot.

Satgas Covid-19 BUMN Jawa Barat juga membantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan memaksimalkan sosialisasi pencegahan penularan Covid-19 dengan menyalurkan bantuan berupa 19 lokasi pusat informasi, 421 lembar spanduk edukasi, penayangan sosialisasi di 1 unit videotron hingga 17 paket _training_ relawan Posko Satgas.

Selain itu, Satgas Covid-19 BUMN Jawa Barat juga turut berperan untuk membantu masyarakat dengan memberikan bantuan lainnya berupa 6.500 paket sembako, 5.100 buah masker kain, 76 buah plastik infeksius, 27 lokasi penyemprotan disinfektan, 224 paket perlengkapan kebersihan dan disinfektan, 1.440 buah sabun antiseptik, 60.000 butir vitamin, dan bantuan uang tunai senilai Rp50 juta.

Selaku koordinator wilayah Jawa Barat, Jasa Marga berharap BUMN-BUMN di Wilayah Jawa Barat dapat terus melanjutkan kerja sama penanganan Covid-19 dan aktif berkoordinasi agar dalam setiap penyaluran bantuan kepada fasilitas kesehatan dan masyarakat dapat tepat sasaran.

(ziz/rjn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *