Himbaun untuk Para Calon Pemudik di Terminal

oleh -
banner 120x600

RakyatJabarNews.com – Para calon pemudik maupun penumpang di Terminal Cikarang, Desa Kalijaya, Kecamatan Cikarang Barat diminta berhati-hati terhadap aksi kejahatan di tempat keramaian. Salah satu modus yang patut diwaspadai dan kerap terjadi adalah hipnotis.

“Yang sedang marak saat ini, aksi hipnotis. Setiap peningkatan penumpang saya selalu mengintruksikan agar selalu waspada. Apa lagi seperti saat Ramadhan ini,” kata Kepala Terminal Cikarang, Lukman Hakim.

Ia menjelaskan dalam aksinya, pelaku hipnotis akan membuat korbannya linglung. Kondisi ini, kemudian dimanfaatkan oleh mereka untuk mengambil barang bawannya.

“Untuk pelaku hipnotis justru kita tidak bisa melihat secara langsung. Mereka berada di keramaian dan kerap bersahabat. Dari beberapa pengalaman korban, awalnya pasti didekati, akrab, dan diberi minuman atau lain sebagainya. Saat itulah aksinya dilakukan,” ucapnya.

Sebagai antisipasi, selain memberikan himbauan kepada para calon pemudik maupun penumpang lainnya, pihaknya akan meningkatkan keamanan saat H-7 Idul Fitri. Ia pun memastikan saat itu area Terminal Cikarang akan terbebas dari pengamen dan jasa pengangkut barang.

Untuk saat ini, kata dia, lonjakan penumpangan di Terminal Cikarang belum terlihat signifikan. Namun dipastikan sejumlah angkutan lebaran akan tumpah di pertengahan Ramadhan nanti.

“Setiap tahun, setiap musim mudik lonjakan penumpang pasti drastis. Sebelumnya, pasti dari pihak Dishub (Dinas perhubungan-red) dan Kepolisian akan melakukan pengecekan pada setiap kendaraan yang ada di terminal,” kata Lukman. (RJN)

Comment