Gercep Jemput Bola, Disdukcapil Kab. Bekasi Kerahkan 3 Unit Mobil Keliling di Desa Sriamur

oleh -
Mobil Layanan Disdukcapil Kabupaten Bekasi hadir di Desa Sukarapih Kecamatan Tambelang.

Bekasi – Tiga unit mobil pelayanan keliling dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi kembali melakukan ‘jemput bola’ untuk membantu pengurusan dokumen kependudukan ke desa-desa di tiga kecamatan. 

Adapun tiga desa tersebut yakni, Desa Sukarapih Kecamatan Tambelang. Desa Karangjaya Kecamatan Pebayuran dan Desa Sriamur Kecamatan Tambun Utara. 

Koordinator Lapangan Disdukcapil Wilayah Kecamatan Tambelang, Edi Rohadi mengatakan, pelayanan keliling ini merupakan bagian dari agenda rutin program Simpro (Siap Melayani Mudah Prosesnya) dari Disdukcapil Kabupaten Bekasi. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat agar lebih mudah dan efisien dalam mengurus dokumen kependudukan serta arsip catatan sipil. 

“Pelayanan keliling di Desa Sukarapih Kecamatan Tambelang kita adakan dari tanggal 8 sampai 10 mei 2023. Dari Disdukcapil kita turunkan tim sebanyak 7 orang,” kata Edi saat ditemui di Halaman Kantor Desa Sukarapih, pada Senin (09/03/2023)

Edi menerangkan, jenis pelayanan pada kegiatan ini yaitu pembuatan Akta Kelahiran, Akta Kematian, pencetakan Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA) dan pembuatan Identitas Kependudukan Digital (IKD). 

Masyarakat yang ingin mengurus dokumen tersebut, lanjut Edi, cukup mendatangi petugas yang mengenakan rompi biru Disdukcapil ke unit mobil pelayanan yang hadir di halaman Kantor Desa Sukarapih dengan membawa kelengkapan berkas dokumen yang diperlukan.

“Untuk hari pertama ini, antusiasme masyarakat kebanyakan membuat akte kelahiran. Prosesnya sendiri dari petugas kalau berkasnya lengkap, hari itu juga jadi,” jelasnya. 

Sekretaris Desa Sukarapih, Marsum mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Disdukcapil Kabupaten Bekasi ini. Pelayanan keliling tersebut menurutnya, memudahkan masyarakat pedesaan, terutama warga yang bekerja sebagai petani dan pedagang terbantu dalam mengurus dokumen kependudukan keluarga. 

“Dengan hadirnya pelayanan keliling ini, masyarakat Desa Sukarapih yang tadinya belum mempunyai akta kelahiran, KIA dan lainnya sekarang alhamdulillah sudah punya. Dan ini membantu sekali warga untuk keperluan lainnya, berangkat umroh misalnya,” tegas Marsum.

Pihaknya juga mengimbau RT, RW, serta masyarakat Desa Sukarapih untuk menginformasikan kepada warga lainnya yang belum melengkapi dokumen kependudukan, agar segera mendatangi kegiatan pelayanan keliling tersebut. 

“Ini kan masih tiga hari sampai tanggal 10 nanti. Saya minta ke RT dan RW agar bisa woro-woro lewat musholla ke warganya supaya bisa datang ke Kantor Desa Sukarapih ini,” ucapnya. advertorial

Berita Rekomendasi

Comment