Penuhi Stok Darah yang Kurang, PMI Gandeng PKK Desa Belawa

oleh -

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Palang Merah Indonesia ( PMI) Kabupaten Cirebon maai belum bisa memenuhi ketersedian stok darah tiap bulannya. Untuk itu, mereka terus menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, tak terkecuali dengan menjalin kemitraan Lembaga PKK Desa Belawa untuk menambah stok ketersedian darah bagi masyarakat Kabupaten Cirebon yang masih kurang.

Saat ditemui Riesta Junaedi selaku Kepala Oprasional Wilayah Cirebon Timur mengatakan, bahwa PMI Kabupaten Cirebon sedang berusaha menggandeng setiap Lembaga, baik pemerintahan maupun swasta untuk melakukan donor darah secara suka rela karena PMI baru mampu menyediakan stok darah 3.000-an labu, sedangkan permintaan di atas 5.000 labu darah setiap bulannya.

“Kami pihak PMI terus menjalin kemitraan dengan setiap Lembaga baik Pemerintahan maupun Swasta dalam memenuhi stok darah untuk PMI Kabupaten Cirebon yang mencapai 5000 labu darah,” ucapnya saat ditemui awak media, Kamis (16/11).

Ditambahkan Riesta, kegiatan donor darah di Desa Belawa merupakan kerja sama dengan Lembaga PKK yang dalam hal ini mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Desa Belawa untuk mendonorkan darah secara rutin pertiga bulan.

“Alhamdulillah Ibu Kuwu yang menjadi Ketua PKK Belawa sangat membantu PMI dengan program Donor Darah Sukarela pada masyarakat dengan mensosialisasikan donor darah rutin pertiga bulan dan hasilnya sangat bagus untuk tingkat Lembaga Desa sudah di atas 20 pendonor darah,” jelasnya.

Masih menurut Riesta, donor darah hari ini merupakan bagian dari donor darah rutin pertiga bulan hasil kerja sama dengan PKK Desa Belawa yang berhasil mensosialisasikan pada warga. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah pendonor darah untuk PMI.

“Donor darah kali ini merupakan yang Kedua kalinya dan berkat Sosialisasi dari PKK Belawa jumlah partisifasi pendonor ada peningkatan,” tuturnya.

Sedangkan menurut Omah Rohmah selaku Ketua PKK Desa Belawa mengatakan program Donor Darah ini merupakan yang kedua kalinya sebagai program rutin donor darah setiap 3 bulan sekali. Kegiatan tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat.

“Ini merupakan program rutin PKK dalam memberikan donor darah setiap tiga bulan. Pada hari ini ada peningkatan jumlah pendonor, yaitu 25 orang namun ada yang di tolak 4 oleh pihak PMI dengan alasan kesehatan. Alhamdulillah program ini mendapat hati di masyarakat. Semoga niat baik masyarakat Desa Belawa dapat membantu masyarakat lain di Kabupaten Cirebon,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Berita Rekomendasi