, , ,

Pemkot Bekasi Akan Canangkan Program Sedekah Sampah

oleh -

RJN,Bekasi– Pemerintah Kota Bekasi akan mencanangkan program sedekah sampah yang dimulai dilingkungan Kantor Wali Kota Bekasi, Jl. A Yani No 1 Bekasi. Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Bekasi yang berada di lingkungan perkantoran Kantor Walikota Bekasi diajak berkontribusi mengurangi sampah dengan membawa sampah Anorganik. “ Sampah Anorganik dikumpulkan setiap senin usai apel gabungan per OPD” ujar Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kemasyarakatan Darsono saat memimpin Rapat Pencanangan Program Kantor Bersih dan bebas Sampah, Rabu (17/7/2019) bertempat di Ruang Rapat Wakil Walikota Bekasi.

Pencanangan Program Sedekah Sampah akan dilaksanakan pada hari Senin, 22 Juli 2019 dilaksanakan setiap hari senin mulai pukul 06.00 WIB s.d 08.00 WIB di depan gedung Balai Patriot.

Menggalakkan Gerakan Sedekah Sampah sebagai salah satu upaya memerangi masalah persampahan di Kota Bekasi. Kita mulai dari lingkungan Pemerintah Kota Bekasi dulu sebagai contoh, yang nantinya kita teruskan hingga tingkat kelurahan dan juga RT RW, tutur Darsono.

Hadir dalam Rapat tersebut, Staf Ahli Walikota Bekasi Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sudarsono, Ketua Bidang Ekonomi & Perdagangan TWUP4, Ihsan NK, Plh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Seluruh Sekretaris tiap tiap OPD, ketua Koperasi Pemerintah Kota Bekasi, Ketua Bank Sampah Induk patriot.

Plh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Kustantinah mengatakan program sedekah sampah ini bertujuan untuk membangun kesadaran bahwa pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan sederhana dan berpotensi secara ekonomi, edukasi dan membantu usaha pelestarian luingkungan untuk alam yang lebih lestari, pembiayaan program kemandirian masyarakat serta dalam jangka panjang membangun entrepreneur dibidang pengelolaan sampah.

Salah satu langkah awal yangkita lakukan dimulai dari lingkungan kantor Walikota di Jl. A yAni seperti pelaku usaha kuliner di area kantor untuk tidak menyediakan kantong plastic dan penggunaan streofom pada makanan. Para sekretaris untuk mensosialisasikan kepada para apratur yang ada di OPDnya masing-masing pgrogram sedekah sampah ini. Ujarnya.

Jenis sampah yang dapat disedekahkan seperti Kertas kardus, kertas Koran,botol dan juga minyak jelantah. Teknisnya setiap Senin sebelum apel maupun sesudah apel para aparatur mengumpulkan sampah anorganiknya yang dibawa dari rumah untuk dikumpulkan di kantor OPD masing masing yang kemudian dibawa untuk dilakukan penimbangan dan dibawa ke Bank Sampah Induk Patriot.

Sosialisasi akan terus kita lakukan seperti melalui spanduk atau baliho di area kantor Walikota Bekasi ini, melalui pengelola gedung kantor serta melalui radio.

Kita intinya mendorong para aparatur untuk menjaga kebersihan. Mulai dari mengelola sampah menjadi produk bermanfaat dalam program sedekah sampah. Ini semua untuk mewujudkan Kota Bekasi yang bersih,katanya.

Semenntara itu Ketua Bidang Ekonomi Perdagangan TWUP4, Ihsan NK, menambahkan bahwa program ini sangat bagus dan memliki manfaat yang luar biasa bagi lingkungan serta dapat menambah nilai ekonomis. ” komitmen dari seluruh aparatur pemerintah Kota Bekasi sangat diperlukan agar program sedekah sampah ini dapat berjalan dengan baik”, ujar Ihsan.

(ziz/rjn)

Berita Rekomendasi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.