Ketat, Juara Liga 1 setelah PSM Makassar Ditahan Imbang Persija Jakarta

oleh -

RJN, Olahraga– Persaingan kandidat Juara Liga 1 2018 semakin sengit setelah PSM Makassar ditahan imbang Persija Jajarta dengan skor 2-2, Jumat (16/11/2018) sore.

Saat ini posisi puncak klasemen sementara dihuni PSM Makassar, disusul Persija Jakarta, kemudian Persib Bandung. Hasil imbang PSM Makassar vs Persija Jakarta, membuat jarak Persib Bandung dengan kedua tim tersebut semakin dekat.

Persija Jakarta sempat unggul 2 gol di babak pertama. Gol tercipta berkat Jaimerson Xavier di menit 8′ dan kesalahan Abdul Rahman Sulaiman di menit 28′. Namun, di babak kedua PSM Makassar langsung mengejar ketertinggalan dengan 2 gol balasan.

2 Gol balasan itu disematkan oleh Rizky Pellu di menit 61′ dan Zulham Zamrun di menit 77′.

Tambahan 1 poin harus puas diterima oleh kedua kubu. Hasil akhir tersebut membuat jarak Persib Bandung dengan dua pesaingnya di klasemen sementara Liga 1 semakin dekat. Kini, PSM Makassar berada di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 54 poin.

Sedangkan Persija Jakarta tepat di bawahnya dengan 50 poin. Sementara Persib Bandung berada di posisi ketiga dengan 49 poin. Meski begitu, Persib Bandung dan Persija Jakarta masih lebih diuntungkan karena belum melakoni satu laga di Liga 1.

Klasemen sementara Liga 1: Jarak Persib Bandung dengan PSM Makassar dan Persija Jakarta semakin dekat, Jumat (16/11/2018).

Kabar Baik untuk Persib Bandung

Persib Bandung akan menghadapi PSIS Semarang dalam laga pekan ke-31 Liga 1 2018, Minggu (18/11/2018). Pertandingan yang digelar di Stadion Moch. Soebroto, Magelang itu dipastikan berlangsung dengan sengit. Pasalnya, Persib Bandung sedang menjaga asa untuk meraih gelar juara Liga 1 2018.

Sementara PSIS Semarang, sedang berusaha merangkak naik ke papan atas klasemen. Saat ini, Persib berada di peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1 2018 dengan koleksi 49 poin dari 30 laga.

Perolehan tersebut sama seperti yang didapatkan Persija Jakarta yang menempati posisi dua. Sedangkan PSIS Semarang, berada di posisi ke-12 dengan mengantongi 39 poin dari 30 pertandingan. Jelang laga tersebut, Persib Bandung sedang mendapat angin segar. Berikut kabar baik Persib Bandung jelang laga kontra PSIS Semarang yang dirangkum TribunWow.com, Kamis (15/11/2018):

1. Jonathan Bauman Mulai Latihan Normal

Penyerang Persib Bandung, Jonathan Bauman akhirnya bisa mengikuti latihan pagi bersama timnya di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Kamis (15/11/2018).

Hal ini berarti kondisi Jonathan Bauman semakin membaik setelah perawatan cedera yang dialaminya.

Kendati demikian, Jonathan Bauman belum bisa dipastikan akan diturunkan atau tidak saat menghadapi PSIS Semarang, Minggu (18/11/2018).

Pada sesi latihan sebelumnya, pemain asal Argentina itu berlatih secara terpisah lantaran cedera bahu.

Namun, sesi latihan pagi tadi, Jonathan Bauman sudah berlatih secara normal.

Dilansir TribunWow.com dari Persib.co.id, Jonathan Bauman nampak bergabung dalam skema yang diberikan oleh tim pelatih Maung Bandung.

Meski demikian, Jonathan Bauman masih menghindari benturan-benturan keras saat sesi latihan pagi tadi.

Jonathan Bauman menderita cidera bahu kiri.

Cidera tersebut didapatnya kala menghadapi Bhayangkara FC di pekan ke-29 Liga 1.

Akibat dari cidera tersebut Bauman harus absen di laga kontra PSMS Medan pekan lalu dan terancam tidak bisa diturunkan di laga melawan PSIS Semarang pekan ini.

2. Oh In-Kyun Kembali Merumput

Gelandang Persib Bandung, Oh In-Kyun, dipastikan kembali merumput dan siap untuk menghadapi PSIS Semarang, Minggu mendatang.

Dalam laga sebelumnya, Oh In-Kyun tidak bisa tampil karena sedang menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez mengaku senang dengan kembalinya Oh In-Kyun dalam laga kontra PSIS Semarang.

Menurutnya, kehadiran gelandang asal Korea Selatan itu bisa menambah kekuatan Maung Bandung di sektor tengah.

“Ini hal bagus bagi tim. Kehadirannya tentu akan menambah kekuatan tim kami di sektor tengah. Opsi kami bertambah di posisi ini,” kata Mario Gomez.

3. Mario Gomez Setuju Kembali Melatih Persib Bandung dengan Syarat

Di sisi lain, sang pelatih Mario Gomez mengaku setuju dengan perpanjangan kontrak di Persib Bandung, namun dengan beberapa syarat.

Mario Gomez mengatakan jika kontraknya dengan Persib Bandung akan habis pada Desember 2018.

Diketahui, pelatih berkebangsaan Argentina ini sudah menandatangani kontrak di awal musim bersama Persib Bandung masa kerja dua tahun serta opsi satu tahun perpanjangan.

Namun, kata Mario Gomez, kontrak yang dimiliki di Persib Bandung saat ini hanya setahun dengan opsi perpanjangan kontrak.

Mario Gomez mengaku jika dirinya sudah jatuh hati pada Persib Bandung dan bobotoh.

Mario Gomez mengaku setuju jika musim depan masih menangani Persib Bandung.

Akan tetapi dengan syarat harus ada pembicaraan lebih lanjut tentang masa depan klub asal Bandung itu.

“Saya setuju ada di sini, saya suka bobotoh, saya suka Persib tapi yang paling penting adalah berada di jalan yang sama. Jika kita punya jalan yang sama dan meneruskan musim selanjutnya it’s ok,” kata Mario Gomez dikutip dari TribunJabar.id.

Mario Gomez akan memutuskan untuk hengkang jika tidak ada kata sepakat soal rencana depan Persib Bandung.

“Jika kami punya pemikiran berbeda, yang itu juga normal, ya lebih baik enggak. Enggak ada problem lain, cuma soal masa depan. Kita memang setuju dengan banyak hal tapi masa depan yang penting. (Kalau saya) bilang ‘ini’ lalu managemen bilang ‘tidak’, terima kasih ini (kerja sama) sudah selesai. Itulah sepak bola,” katanya.

4. Peluang Persib Bandung Menjadi Juara Liga 1 2018 Masih Terbuka

Peluang Maung Bandung untuk meraih gelar juara Liga 1 kembali terbuka usai hasil kurang maksimal dari dua pesaingnya di atas, yakni PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Selain mendapat angin segar dari hasil akhir kedua saingannya tersebut, Persib juga bisa sedikit tersenyum lantaran PSM Makassar dan Persija Jakarta akan saling beradu kekuatan di pekan ke-31 nanti.

Pertemuan kedua tim dengan peringkat teratas tersebut tentu saja memberi kesempatan Maung Bandung untuk mencari keuntungan.

Di pekan ke-31 nanti, PSM Makassar akan menjamu Persija Jakarta, sedangkan Persib Bandung akan bertandang ke markas PSIS Semarang.

Hasil imbang antara PSM Makassar dan Persija dirasa adalah hasil yang paling menguntungkan Maung Bandung.

Pasalnya kedua lawannya tersebut hanya akan mendapat satu poin.

Dengan begitu jika Persib menang maka mereka dapat kembali menggeser Persija dari peringkat kedua sekaligus mendekati perolehan poin PSM Makassar.

Apabila skema ini terjadi maka posisi klasemen akan menjadi PSM di peringkat pertama dengan 54 poin, Persib di peringkat kedua dengan 52 poin dan Persija di peringkat ketiga dengan 50 poin.

Akan tetapi jika PSM Makassar mampu memenangkan pertandingan, dan Persib menang dari PSIS maka PSM akan berada di peringkat pertama dengan 56 poin, Persib di peringkat kedua dengan 52 poin dan Persija turun ke peringkat ketiga dengan 49 poin.

Sedangkan jika Persija menang dari PSM dan Persib menang atas PSIS maka klasemen akan menjadi PSM di peringkat pertama dengan 53 poin, Persija di urutan kedua dengan 52 poin dan Persib di posisi ketiga dengan 52 poin.

Hal ini akan semakin menarik karena Liga 1 hanya menyisakan empat pertandingan bagi Persib dan PSM, dan lima laga untuk Persija.

5. Catatan Pertemuan Kedua Tim

Persib Bandung punya catatan positif saat bertemu dengan PSIS Semarang pada putaran pertama Liga 1 2018.

Maung Bandung sukses menaklukan PSIS Semarang 1-0 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung pada 7 Agustus 2018.

Sementara dari sisi laga terakhir kedua tim, Persib Bandung harus mengakui catatan positif dari lawannya itu.

Pasalnya, skuat berjuluk Mahesa Jenar ini selalu berhasil meraih hasil menang di empat laga kandang terakhirnya.

Oleh sebab itu, Persib Bandung harus siap tampil habis-habisan untuk mampu merebut tiga poin di laga nanti sekaligus untuk merusak catatan positif PSIS di kandang.

(smb:wow.tribunnews.com)

Berita Rekomendasi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments