Ajak Masyarakat Melawan Diabetes, Tropicana Slim Gelar Hands4Diabetes di 40 Kota

oleh -

RakyatJabarNews.com,, Cirebon – Dalam rangka menyemarakkan World Diabetes Day 2017, Tropicana Slim menggelar kegiatan “Hands4Diabetes” yang bertempat di CFD (Car Free Day) Siliwangi Kota Cirebon hari Minggu (12/11) pagi. Acara ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mencegah dan melawan penyakit diabetes sejak dini, serta melakukan aksi solidaritas kepada diabetesi di seluruh Indonesia.

Tahun ini menjadi tahun keempat Tropicana Slim menggelar kampanye serupa. Di tahun ini, Hands4Diabetes dilaksanakan serentak di 40 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Jayapura. Tahun ini pula, telah terkumpul 18.000 buah petisi dari seluruh Indonesia, di mana konversi dana tersebut akan disalurkan melalui Komunitas Sobat Diabet untuk melakukan aksi edukasi dan pencegahan diabetes di berbagai wilayah di Indonesia.

Marketing Promotional Nutrifood Area Cirebon Zulfah Syadiah mengatakan, bahwa dengan memanfaatkan momen World Diabetes Day 2017, Tropicana Slim kembali mengundang masyarakat untuk berdonasi dengan memberikan petisi #Hands4Diabetes dalam bentuk cap tangan, sebagai aksi solidaritas kepada diabetesi.

“Kegiatan ini merupakan aksi solidaritas kepada diabetesi. Jadi, kita mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mencegah dan melawan penyakit diabetes sejak dini,” jelasnya saat ditemui IsunCirebon.com saat acara berlangsung, Minggu (12/11).

Zulfah menyampaikan, bahwa berdasarkan Riskesdas 2007-2013, diperkirakan prevalensi prediabetes pada penduduk Indonesia di atas 18 tahun mencapai 41%, di mana resiko prediabetes juga meningkat seiring dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan tekanan darah seseorang. Oleh karena itu, faktor gaya hidup, seperti nutrisi yang dikonsumsi dan aktivitas fisik yang dilakukan, memegang peranan penting agar kita dapat hidup sehat, bebas tanpa diabetes.

Di tahun keempat pelaksanaannya ini, menurut Zulfah, pemberian petisi Hands4Diabetes dilakukan dengan cara yang berbeda, di mana pihaknya menambahkan variasi warna cap tangan yang menjadi simbol aspirasi masyarakat tentang aktivitas untuk mencegah dan menangani diabetes. Cap berwarna merah menunjukkan aktivitas untuk membatasi asupan gula, warna kuning untuk melakukan olahraga teratur, dan warna biru untuk melakukan pengecekkan gula darah secara rutin.

“Dengan cara ini, harapannya ketiga aktivitas tersebut dapat menjadi komitmen dan dilakukan dalam keseharian para peserta,” tuturnya.

Zulfah menambahkan, sejak pertengahan Oktober lalu, pihaknya telah mengundang partisipasi masyarakat dalam menyambut perayaan World Diabetes Day melalui media sosial. Kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk dapat menyentuh generasi muda agar mulai peduli terhadap pencegahan penyakit diabetes, pre-event dilakukan secara kekinian dengan mengajak masyarakat mengkreasikan foto bertemakan gambar smile pada telapak tangan, untuk kemudian diunggah melalui akun Instagram masing-masing dengan menyertakan hashtag #Hands4Diabetes.

Gambar smile tersebut juga diwarnai sesuai dengan simbol warna aspirasi petisi hari ini. Zulfah menuturkan, bahwa kampanye ini berhasil mengumpulkan sekitar ribuan foto, di mana setiap foto yang masuk setara dengan satu strip pengecekkan gula darah yang digunakan pada acara puncak, serta donasi untuk disalurkan kepada Komunitas Sobat Diabet.

“Rangkaian acara yang digelar hari ini pun disesuaikan dengan aktivitas pencegahan diabetes, seperti olahraga senam sebagai bentuk aktivitas fisik yang sehat, ajakan untuk membatasi asupan gula dengan anjuran menggunakan gula rendah kalori, serta memfasilitasi pengecekkan gula darah kepada peserta,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Berita Rekomendasi