80 Ton Sampah di Angkut DLH Kabupaten Bekasi

oleh -
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi membersihkan dan mengangkut sampah sepanjang 150 meter di Kali Jambe Kampung Mundu, Desa Satria Jaya.

Bekasi – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi membersihkan dan mengangkut sampah sepanjang 150 meter di Kali Jambe Kampung Mundu, Desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara pada Kamis (11/4/2023). 

Kepala UPTD Wilayah 2, Sumardi mengatakan, sampah yang berada di Kali Jambe ini didominasi sampah plastik dan sisa potongan kayu, sehingga menyumbat aliran air di bawah Jembatan Kali Jambe. 

“Ya, kami langsung angkat sampah yang menyumbat saluran air di jembatan, yang terbawa banjir kemarin, dengan mengerahkan satu unit alat berat excavator long arm untuk mempermudah pengangkatan sampah di Kali Jambe,” katanya. 

Sumardi mengatakan, sampah yang menyumbat di bawah Jembatan Kampung Mundu itu mayoritas berasal dari hulu, yang terbawa oleh aliran air yang cukup deras ke hilir. 

“Kami menurun sebanyak 12 unit armada truk pengangkut sampah, dimana masing-masing truk sampah itu membawa kurang lebih 7 ton sampah, jadi total keseluruhan sampah yang diangkut kurang lebih 84 ton,” terangnya. 

Sumardi menyampaikan, sampah tersebut akan dikeringkan terlebih dahulu sebelum dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng di Kecamatan Setu.

“Ya, di sini sebelum diangkat ke TPA Burangkeng akan kami keringkan dulu, agar mudah untuk membawanya sehingga tidak menimbulkan bau,” katanya. 

Dirinya mengimbau tidak kepada masayarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan dan tidak membuang sampah ke aliran kali yang berpotensi menyebabkan bencana banjir di Kabupaten Bekasi.

“Sampah yang menumpuk di saluran air atau sungai, memberikan dampak mengakibatkan banjir apabila sampah ini belum diangkut, sehingga air bisa meluap ke rumah warga,” katanya. red