RADAR, Wartawan Robot dari Inggris yang Didanai oleh Google

by Juli 8, 2017
Teknologi 0   30 views 0
Advertisement

RakyatJabarNews.com – Di era yang sudah canggih ini, tentunya teknologi semakin berkembang dengan pesat. Misalnya, seperti perkembangan teknologi robot. Bahkan, penggantian manusia dengan robot dan mesin tak terelakkan, termasuk wartawan. Dan hal tersebut mendapat dukungan dari dari perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Digital News Initiative (DNI), adalah sebuah program dana milik Google yang mempromosikan inovasi dalam jurnalisme digital di Eropa, baru saja mengumumkan putaran terakhir proyek yang disponsori. Diantaranya adalah RADAR (Reporter And Data And Robot), sebuah kolaborasi antara Press Association (PA) di Inggris dan Islandia, serta Urbs Media, sebuah startup yang menciptakan berita-berita lokal dengan menggunakan AI.

DNI memberikan proyek RADAR tersebut dengan hibah sebesar € 706.000 (sekitar 11 milyar rupiah). Masuknya dana tersebut akan digunakan untuk menciptakan layanan yang akan meningkatkan berita secara otomatis, dengan program AI berbahasa alami (NLG) yang mampu membuat hingga 30.000 berita per bulan di seluruh jaringan distribusi lokal mulai tahun 2018. Semua komponen berita AI yang diupdate akan otomatis, dari kata-kata di layar hingga grafis dan gambar yang menyertainya.

Untuk memulai, AI akan ditugaskan untuk menghasilkan berita tingkat rendah dari template yang dibuat oleh penulis manusia. Jenis berita ini penting, tapi tidak terlalu padat dan bahkan penulis manusia pun akan mengisi kekosongan dengan data yang diperlukan untuk membuatnya. Kegiatan ini tidak perlu menggunakan kekuatan otak untuk analisis, seperti yang biasa dilakukan oleh wartawan pada umumnya. Dari situlah AI masuk, setidaknya untuk memulai.

Karena sifat membosankan dari berita yang diproduksi AI, penulis dan editor manusia tidak memiliki alasan untuk khawatir digantikan oleh robot, setidaknya menurut pemimpin redaksi PA, Peter Clifton, yang menyebut RADAR sebagai ‘Langkah maju yang fantastis untuk PA’.

Advertisement

“Wartawan manusia yang terampil masih akan sangat penting dalam prosesnya. Namun, RADAR memungkinkan kita memanfaatkan kecerdasan buatan untuk meningkatkan volume berita lokal yang tidak mungkin disediakan secara manual,” katanya dalam sebuah rilis yang mengumumkan sponsor DNI.

Proyek ini akan memerlukan satu tim yang terdiri dari lima orang untuk mengidentifikasi, membuat template, dan mengedit berita berbasis data tentang topik seperti kejahatan, kesehatan, dan pekerjaan, sehingga peran manusia tidak dihilangkan sepenuhnya. Tentunya, dalam keadaan biasa, lima orang tersebut tidak akan pernah bisa membuat 30.000 berita sebulan penuh.

Pendanaan DNI juga akan digunakan untuk membuat database agar AI dapat menarik, memanfaatkan data repositori dari database publik yang lebih luas di Inggris seperti National Health Service (NHS).

Meskipun ini hanyalah contoh terbaru jurnalisme AI yang menyapu industri media digital, namun ini bukan tren baru, dengan cara apa pun. Wordsmith, sebuah program AI NLG, telah memproduksi berita otomatis untuk Associated Press (AP) Amerika sejak tahun 2014, dan media lainnya seperti New York Times dan Los Angeles Times telah menggunakan laporan otomatis tingkat rendah.

Anda mungkin bahkan menggunakan AI untuk membuat konten Anda sendiri. Fitur Google Smart Reply ditemukan bertanggung jawab atas hingga 10 persen tanggapan email yang dikirim dari perangkat seluler awal tahun ini. Ini tidak secanggih yang akan diberikan RADAR kepada PA, tapi ini hanyalah contoh AI yang bisa diterapkan dan merayap ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

Wartawan saat ini mungkin menjadikan AI hanya akan menjadi alat untuk membuat laporannya lebih efisien. Itu mungkin terjadi sekarang. Tapi, bagaimana dengan masa depan, di mana software tersebut menjadi lebih canggih?

Semakin berkembangnya otomatisasi di masa depan, sehingga mesin dan robot akan menggantikan peran manusia. Dan kemungkinan, wartawan manusia hanya tinggal sejarah saja. (RJN)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *