Puluhan Warga Cirebon Deklarasikan Isun GOLPUT

by Juli 13, 2017
Cirebon Politik 0   38 views 0
Advertisement

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Puluhan warga wilayah Kabupaten dan Kota Cirebon mendeklarasikan Pergerakan Isun Golput di Hotel Sutan Raja, Cirebon Kamis (13/7).

Deklarator Pergerakan Isun Golput tersebut diantaranya Hery Susanto, Nurdin M Noer, Sidik, Fitrah Malik, Miftahudin, Frederick Suhardi, Irma Normaningsih, dan sejumlah nama lainnya.

Pergerakan Golput ini bukan tidak akan menggunakan hak pilih pada Pemilu melainkan “Golongan Bajunya Putih”, seluruh peserta deklarasi berbaju putih. Kegiatan deklarasi itu menyerukan pentingnya perubahan kepemimpinan daerah yang menjalankan semangat persatuan, pemberdayaan dan keadilan bagi warga Cirebon.

Pergerakan Isun Golput warga Cirebon itu menyuarakan “Bersatu Bukan Terkotak-kotak.” Warga menilai situasi saat ini di masyarakat sudah terkotak-kotak, yang mengancam persatuan dan melemahkan aspek pemberdayaan serta keadilan masyarakat.

Koordinator Pergerakan Isun Golput, Hery Susanto dalam sambutannya mengatakan penyebab terkotak-kotaknya warga saat ini karena dominasi paradigma kekuasaan kepemimpinan daerah yang tidak menjalankan prinsip persatuan, pemberdayaan dan keadilan.

Advertisement

Ia menegaskan paradigma kepemimpinan khususnya di Kabupaten dan Kota Cirebon dinilai masih diskriminatif dalam tata pemerintahan, program pembangunan antarwilayah yang makin memperluas kemiskinan, pengangguran dan rendahnya tingkat pendidikan.  Banyak ketidakadilan dalam segenap aspek kehidupan sosial, politik, ekonomi, hukum dan budaya.

Dampaknya, Kabupaten Cirebon masih terkubur dalam angka IPM urutan ke-25 dari 26 kab/kota se-Jabar. Maraknya kasus korupsi, PNS berpolitik praktis, dan lainya.  Sedangkan Kota Cirebon makin carut marut dalam tata kelola pemerintahan yang “one man show.”

“Saatnya warga di wilayah Kabupaten dan Kota Cirebon harus mendorong perubahan kepemimpinan daerah yang berkarakter pemersatu, memberdayakan dan berkeadilan,” tegas Hery Susanto.

Dalam kesempatan itu, warga melakukan komunikasi via skype selama 15 menit bersama Sandiaga Salahuddin Uno (Wagub DKI Jakarta terpilih) terkait program pembangunan yang akan dijalankan dan pengalaman sukses pemenangan Pilkada di DKI Jakarta beberapa waktu lalu.(juf/rjn)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *