Pemerintah Canangkan Imunisasi MR Bulan Agustus-September

by Agustus 7, 2017
Cirebon Pendidikan 0   92 views 1
Advertisement

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mencanangkan program Imunisasi Campak dan Rubella (MR) secara nasional sepanjang bulan Agustus-September 2018.

Imunisasi MR diberikan gratis kepada anak usia sekolah berusia tujuh tahun hingga kurang dari 15 tahun setingkat SD sampai SMP yang dilaksanakan di sekolah masing-masing. Sedangkan imunisasi MR untuk bayi usia berusia sembilan bulan hingga kurang dari tujuh tahun dilaksanakan di posyandu, puskesmas maupun fasilitas kesehatan lainnya.

Advertisement

Di Kota Cirebon, imunisasi MR salah satunya dilaksanakan UPTD Puskesmas Kalitanjung di SD Negeri Lemahabang, Harjamukti, pada Senin (07/08). Imunisasi MR di sekolah tersebut disambut baik dan antusias oleh pihak sekolah dan para siswa.
Dengan mengenakan masker dan sarung tangan, petugas puskemsas memberikan vaksin MR kepada ratusan siswa mulai dari kelas I hingga IV.

Kepala UPTD Puskesmas Kalitanjung, Walyanah, mengatakan, puskemasnya menargetkan sekitar empat ribu anak berusia sembilan bulan hingga kurang dari 15 tahun yang tersebar di 13 RW di Kelurahan Harjamukti, dapat mengikuti program Imunisasi MR.

Dikatakan Walyanah, campak dan rubella merupakan penyakit infeksi menular melalui saluran pernafasan. Anaka maupun orang dawasa yang belum pernah mendapatkan imunisasi campak dan rubella maupun yang belum mengalami sakit tersebut beresiko tinggi tertular. Namun, penyakit campak dan rubella dapat dicegah melalui pemberian vaksin MR.

“Diharapkan dengan adanya imunisasi MR ini masyarakat Indonesia dapat terhindar dari penyakit campak dan rubella,” pungkas Walyanah. (juf/rjn)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *