Pekiringan Mencekam! Beberapa Toko Terbakar

by September 10, 2017
Cirebon Lainnya Nasional 0   402 views 1
Advertisement

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Kebakaran melanda kawasan pertokoan di Jl. Pekiringan Kota Cirebon. Diperkirakan ada 11 toko yang terbakar, termasuk toko yang ada di seberangnya. Proses pemadaman pun berlangsung selama 6 jam lebih.

Api berasal dari gudang toko Mas Merak yang terletak di Jl. Pekiringan no. 38 sekitar jam 4.30 WIB. Gudang tersebut berisi bahan-bahan kimia, empat buah mobil yang semuanya terbakar, sebuah motor, dan barang bekas bangunan. Kemudian, api mulai merembet ke toko-toko yang ada di dekatnya pada jam 7.50 WIB.

Menurut Kusnan, ketua RW 05 Kebonpring, Pekalipan, api diketahui warga jam 4.30 WIB. Kemudian, bersama warga menggedor-gedor pintu gudang yang dijaga oleh Bardi, 26 tahun. Namun, tak kunjung buka. Hingga akhirnya, pemadam kebakaran datang dan pintu dibuka.

“Kemungkinan diduga kelalaian. Saya dapet info jam 5 kurang. Total mobil pemadam kebakaran ada 7 unit, dari Pelindo 1, Indocement 1, Arida 1, kabupaten 2, dan Water Canon 1 punya Polresta,” ungkap Ahmad Wahyudi, Kasi Kesiapsiagaan Operasi Pemadam Kebakaran Kota Cirebon saat ditemui RakyatJabarNews.com di tempat kejadian hari Minggu (10/9).

Advertisement

Setelah mulai dijinakkan, api tak diduga mulai merembet ke arah pertokoan di sekitar gudang. Warga pun sempat panik. Bahkan, api melalap tiga toko di seberangnya. Suasana mulai mencekam karena di salah satu toko terdapat gudang petasan. Namun akhirnya, berhasil dijinakkan oleh petugas pemadam kebakaran.

“Kita kekurangan mobil unit. Makanya minta bantuan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakapolres Kota Cirebon, Kompol Jarot Sungkowo mengatakan hampir ada korban di salah satu toko, tapi berhasil diamankan. “Kita gedor-gedor, mungkin karena tidur. Tapi berhasil diselamatkan,” tuturnya.

Menurutnya, ada sekitar 300 orang dari Polres yang diterjunkan untuk membantu jalannya pemadaman. “Tolong segera merapat para pemilik toko-toko untuk melapor ke kami,” pesannya.

Salah satu petugas pemadam kebakaran sempat terluka akibat terjatuh ketika sedang menyemprot. Dia langsung dilarikan ke ahli patah tulang karena tulang punggungnya patah. Api pun mulai meredam sekitar jam 11.30 WIB.

Dugaan sementara dikarenakan konsleting listrik dan angin yang membesar, hingga membuat api cepat merembet. Kerugian masih ditaksir. Diperkirakan lebih dari satu milyar.(Juf/RJN)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *