Jembatan Cikaroya Hampir Ambruk, BPBD Ajukan Pembangunan ke BNPB

by September 11, 2017
Cirebon Pemerintahan 0   29 views 0
Advertisement

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cirebon mengajukan pembangunan jembatan Cikaroya yang terletak di Desa Gumulung Lebak Plong, Cikanci, Greged, Kabupaten Cirebon kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana hari Senin (11/9). Pasalnya, jembatan tersebut nyaris ambruk.

Menurut Bambang, selaku Kasi Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cirebon, mengatakan bahwa dia bersama tim teknis dari PUPR sedang mengumpulkan data paska bencana banjir yang mengakibatkan rusaknya pondasi tiang jembatan ini untuk diajukan ke BNPB Pusat. Hal ini tentunya setelah mendapatkan rekomendasi bupati dan gubernur.

“Kami bersama tim teknis sedang mengumpulkan data-data dari konstruksi jembatan yang mau ambruk ini. Setelah melakukan koordinasi dengan Dinas Bina Marga, maka kami segera melakukan tindakan untuk mengajukan pembangunan jembatan yang terdampak bencana banjir didampingi oleh tim teknis dari dinas terkait,” tuturnya saat ditemui awak media.

Advertisement

Bambang menjelaskan, bahwa pembangunan jembatan ini sebetulnya sudah masuk di Bina Marga. Akan tetapi, setelah melakukan koordinasi dengan Pak Komara, Kepala UPT Bina Marga Sindanglaut, pembangunan jembatan tidak masuk tahun ini. Sehingga BPBD mengajukan proposal ke BNPB pusat dan berharap Oktober tahun ini jembatan Cikaroya bisa dibangun oleh BNPB Pusat.

Sementara itu menurut Dian, salah seorang tim teknis BPBD mengatakan bahwa kondisi jembatan sangat membahayakan pengguna jalan. Hal itu dikarenakan kontruksi jembatan sudah rusak dan tidak layak untuk dilewati.

“Kontruksi jembatan Cikaroya ini sangat tidak layak untuk dilewati, karena hanya mengandalkan topangan baja dan susunan batu cadas saja,” tuturnya.

Sedangkan menurut Lubis Marzuqi, Sekdes Gumulung Lebak yang menemani BPBD sangat berterima kasih sudah memberikan perhatian pada jembatan penghubung yang merupakan akses vital perekonomian masyarakat. Karena selama ini, masyarakat sudah sangat resah dengan kondisi jembatan yang hampir ambruk.

“Alhamdulillah akhirnya ada yang memperhatikan kondisi jembatan Cikaroya. Kami pihak Pemerintah Desa sudah bolak-balik ke Dinas Bina Marga Kabupaten Cirebon, namun tidak mendapatkan kepastian. Dan kami sangat berterima kasih kepada BNPB yang akan memperbaiki dan membangun jembatan ini. Karena masyarakat sangat membutuhkan sarana yang aman,” tukasnya.(Juf/RJN)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *