Iing: Program Smart City Bukan Hanya Teknologi Saja

by Oktober 4, 2017
Advertisement

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Iing Daiman selaku Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon menuturkan bahwa program smart city yang akan dijalankan di Cirebon adalah bukan hanya pendekatan teknologi saja, tetapi juga memunculkan kreativitas dan inovasi.

Hal tersebut diungkapkannya usai menjalani pertemuan tentang pembahasan Cirebon Smart City antara DKIS dan Komisi 1 DPRD Kota Cirebon di ruang rapat DPRD Kota Cirebon, Jl. Siliwangi Kota Cirebon hari Rabu (4/10).

Menurut Iing, salah satu contoh dari program smart city adalah menempatkan kabel-kabel telekomunikasi di bawah tanah, tidak lagi di atas. Perencanaan ini memerlukan dana sekitar Rp 22,5 milyar.

Advertisement

“Jika dana segitu kita ambil dari APBD, itu sangat berat. Jadi, pendekatannya dari Bussiness to Bussiness. Contohnya, di kota ada PD Pembangunan, di provinsi ada PD Jabar Telematika. Kita pertemukan mereka, lalu mereka siap membiayai semua,” tuturnya.

Dengan menempatkan kabel-kabel di bawah tanah, menurut Iing akan bermanfaat. Seperti tata ruang akan rapi, dan pendapatan akan meningkat, karena menyewa.

“Sewa di sini, karena kita sebagai penyedianya. Jadi, brand-brand komunikasi seperti Telkomsel itu akan menyewa jaringannya,” jelasnya.

Iing menjelaskan kalau MoU rencananya akan dibuat hari ini (4/10), namun karena ada persiapan, jadi diundur tanggal 24 Oktober 2017.

“Harapannya secara tata ruang lebih rapi, peningkatan pendapatan, kualitas pelayanan lebih baik,” harapnya.(Juf/RJN)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *