Hari Kartana Sosialisasi ke MAN 4 Kabupaten Bekasi

by September 26, 2017
Bekasi Pendidikan 0   47 views 0
Advertisement

RakyatJabarNews.com, Bekasi – Anggota DPR RI, Hari Kartana melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan di sekolah. Acara sosialisasi itu diikuti ratusan siswa, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Kabupaten Bekasi, Tarumajaya, Selasa (26/9).

Hari Kartana mengatakan, sosialisasi 4 pilar untuk kalangan sekolah, agar memahami nilai kebangsaan untuk generasi muda hususnya di Kabupaten Bekasi.

“Saat ini kita berada pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Banyak tantangan yang dihadapi generasi muda kita makanya perlu pembekalan semangat integrasi melalui sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini,” ujarnya.

Sosialisasi untuk pelajar ini, menurut Hari Kartana, supaya tidak terpengaruh dengan kenaakalan remaja seperti mengkonsumsi barang haram yakni Narkoba.

“Melalui sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, saya berharap para siswa lebih aktif pada kegiatan positif dan tidak terpengaruh godaan narkoba,” ujarnya.

Ia mengatakan Sosialisasi Empat Pilar untuk kalangan siswa dinilai sangat penting. Sosialisasi Empat Pilar ini bertujuan mengingatkan kembali pada nilai-nilai Pancasila.

“Karena itu, kita melakukan Sosialisasi Empat Pilar supaya terus-menerus diingatkan tentang Pancasila,” katanya.

Advertisement

Menurutnya, para siswa tidak mengetahui apa dan bagaimana perjuangan para pendiri bangsa pada 1945. “Generasi muda sekarang tidak tahu karena mereka tidak terlibat dalam perjuangan pada 1945. Namun mereka harus mengetahui sejarah dan itu (sejarah) ada dalam Sosialisasi Empat Pilar ini,” ujarnya.

Dia mengakui banyak orang yang telah mengetahui Sosialisasi Empat Pilar, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. “Namun banyak juga yang lupa. Sosialisasi ini untuk mengingatkan kembali pada nilai-nilai Empat Pilar,” tuturnya.

Ia memberi contoh tentang kemajemukan Indonesia dalam suku, agama, adat istiadat, dan budaya. “NKRI tidak melihat suku, agama, dan asal-usul. Semua itu sudah selesai. Mari kita bersatu untuk NKRI,” katanya.

Guru MAN 4 Kabupaten Bekasi, Abdul Wadud mengatakan empat pilar akan membentuk karakter generasi muda yang cinta tanah air. “Kita pupuk sejak dini kecintaan kepada tanah air, sehingga tidak ada disintegrasi, perpecahan. Semua dalam bingkai NKRI,” katanya.

Ratusan siswa nampak antusias mengikuti sosialiasi tersebut. Selain memperoleh materi tentang 4 pilar, para siswa ini juga mendapat sertifikat.(Ziz/RJN)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *