Fasilitasi Siswa, SMA Santa Maria Cirebon Gelar Expo Perguruan Tinggi

by Oktober 7, 2017
Cirebon Pendidikan 0   57 views 0
Advertisement

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Demi memfasilitasi siswa-siswa SMA kelas 12 untuk bisa memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuan, SMA Santa Maria menggelar Perguruan Tinggi Expo 2017 & Open House PPDB Sekolah Santa Maria Cirebon yang terletak di SMA Santa Maria 1 Cirebon Jl. Sisingamangaraja no. 22 Kota Cirebon. Acara ini sendiri berlangsung dari tanggal 6 Oktober sampai 7 Oktober 2017.

Perwakilan Bidang Publikasi dan Kesiswaan Ongko mengatakan bahwa acara ini sudah berlangsung yang ke sebelas kali, dan selalu bergulir setiap tahun.

“Total ada 26 perguruan tinggi swasta yang ada di sini yang berasal dari Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, dan ada juga dari Cirebon,” ungkapnya saat ditemui RakyatJabarNews.com hari Sabtu (7/10).

Adapun ke-26 perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Parahiyangan (Unpar), Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Presiden (Unpres), Bina Nusantara (Binus), Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Kalbis, STP Trisakti, Atmajaya Jakarta, Universitas Bunda Mulia (UBM), Kwik Kian Gie, Universitas Sanatadharma, CIC, Ganesha Operation, Maranatha, Universitas Tarumanegara (Untar), Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Swiss Germany University, Universitas Atmajaya Yogyakarta, Lassale, STMIK LIKMI Bandung, Ukrida, STIKS Tarakanita, TSM Trisakti, Atmi Cikarang, dan Unika Soegijapranata.

Advertisement

Dibandingkan tahun lalu, menurut Ongkoh, tahun ini banyak perguruan tinggi yang menyediakan bea siswa. Bagi siswa yang ingin masuk melalui jalur bea siswa, mereka bisa mendapatkannya dari nilai rata-rata rapot mereka dari tiga mata pelajaran, yakni Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Selain itu, ada juga dari nilai akademis.

“Yang berkunjung lebih ramai kemarin sekitar 300-an. Ada juga dari sekolah-sekolah lain. Kemarin para orang tua terima syarat-sayaratnya, sekarang mulai diserahkan. Karena akan ada tes,” jelas pria yang juga guru Kimia di SMA Santa Maria ini.

Menurut Ongkoh, panitia untuk acara ini pun dari murid-murid. Hal itu dikarenakan supaya mereka bisa belajar berorganisasi juga. Total panitia sekitar 50 anak. Jadi, satu perguruan tinggi didampingi 2 – 3 siswa.

“Harapan saya dari Expo ini, kami bisa memfasilitasi anak-anak yang mau masuk perguruan tinggi. Jadi mereka tidak perlu jauh-jauh mendatangi kampusnya,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *