Dishub Kabupaten Ciamis Berencana Luncurkan Angkot Berbasis Online

by Agustus 15, 2017
Advertisement

RakatJabarNews.com, Ciamis – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis berencana meluncurkan angkutan kota (angkot) berbasis aplikasi atau online. Angkot dengan trayek yang ada akan dilengkapi aplikasi yang terintegrasi secara realtime.

“Program aplikasi sedang proses dibuatkan, Kami bekerjasama dengan salah satu provider telekomunikasi guna mewujudkannya,” kata Sekretaris Dishub Kabupaten Ciamis, Eddy Yulianto, Selasa (15/8/2017).

Tujuan angkot online ini untuk memudahkan masyarakat pengguna angkot maupun pengguna, sehingga masyarakat dapat mengetahui posisi angkot di setiap jalur trayeknya. Begitu juga awak angkutan mengetahui calon penumpang.

Menurutnya, selain itu juga dibuat untuk pengguna jasa angkutan yang membutuhkan carteran. Di aplikasi yang direncanakan berjalan dalam sistem operasi android ini dapat menyediakan layanan transportasi publik yang terintegtasi, mudah diakses, aman, nyaman, dan transparan bagi masyarakat.

Advertisement

“Bagi para pengemudi dan pengusaha angkutan yang bergabung menggunakan aplikasi akan dapat meningkatkan pendapatan. Selain itu dapat meningkatkan pendapatan asli daerah bagi Pemda melalui pengelolaan aplikasi, pajak dan surat izin kendaraan,” jelasnya.

Ditambahkannya, dengan tersedianya data yang lengkap dan realtime, dapat menjadi acuan dalam mengevaluasi dan mengembangkan sistem transportasi. Bahkan Ciamis bisa menjadi rintisan dalam pengembangan smart transportation.

“Untuk anggarannya masih belum, sedang dihitung besaran anggaran yang dibutuhkan. Diharapkan ada bentuk partisipasi dari provider komuninasi seperti dari server dan jaringan internetnya, juga dalam penyediaan SDM,” tuturnya.

Ditegaskan Eddy, bagi masyarakat yang memang tidak menggunakan aplikasi dari smartphone, tetap seperti biasa dengan layanan normal menunggu di tempat pemberhentian angkot dan di pinggir jalan. Aplikasi ini bersifat sebagai layanan tambahan.(Asp/RJN)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *