Baru Enam Partai yang Mendaftar di KPU Cirebon

by Oktober 13, 2017
Cirebon Politik 0   66 views 0
Advertisement

RakyatJabarnews.com, Cirebon – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon Emirzal Hamdani mengaku bahwa hingga hari ini (13/10) baru ada enam partai politik yang baru mendaftar untuk Pemilu 2019 nanti, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Nasional Demokrasi (Nasdem), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Emirzal menambahkan, ada 17 partai yang tercatat di KPU Kota Cirebon. Dari 17 partai tersebut, 12 partai merupakan partai lama yang mengikuti Pemilu sebelumnya. Sedangkan 5 partai sisanya merupakan partai baru, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Republik, Partai Berkarya, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Indonesia Kerja (PIKA).

“Dari tanggal 3 kemarin, baru satu partai yang sudah lengkap berkasnya, yaitu Perindo,” jelasnya saat ditemui awak media di kantornya yang bertempat di Jl. Palang Merah no. 6 Kota Cirebon hari Jumat (13/10).

Advertisement

Emirzal mengaku, banyak partai yang dikembalikan berkasnya karena tidak sesuai dengan data yang berada di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Selain itu, meskipun data di Sipol sudah pas, akan pengecekan lanjutan lagi seperti KTA (Kartu Tanda Anggota) dan KTP-nya.

“Misalnya, Partai Mangga melaporkan 1001 KTA, maka di DPP akan terinput 1001. Jika saat mendaftarkan ke KPU RI, akan dicek apakah sesuai datanya, benar tidak lampiran KTA-nya 1001. Jika kurang satu atau lebih, akan dikembalikan untuk diperbaiki. Harus sesuai dengan yang didaftarkan. Setelah sesuai, akan dicek lagi foto KTA-nya pas tidak. Lalu cocokan lagi KTPL-nya sesuai gak. Jika masih ada yang lama, harus diganti dengan surat keterangan,” jelasnya.

Pendaftaran partai ini sendiri berlangsung dari tanggal 3-16 Oktober 2017. Emirzal berharap agar masing-masing partai supaya segera melengkapi berkas yang belum lengkap. Karena waktu penutupan pendaftaran sudah mendekati.

“Masih ada waktu untuk memperbaikinya,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *