Balok Budiyanto: Diharapkan Cirebon Akan Menjadi Destinasi Wisata Bahari Internasional

by Oktober 2, 2017
Advertisement

RakyatJabarNews.com, Cirebon – Sebagai kota bahari, Cirebon merupakan salah satu alternatif destinasi wisata di pantai utara Pulau Jawa. Hal ini dikarenakan letaknya yang strategis dan mudah diakses, baik itu dari Jakarta dan Bandung menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, maupun sebaliknya. Apalagi dengan adanya bandara, rol, dan kereta.

Menurut Ir. Balok Budiyanto, MM selaku Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Indonesia, dengan pentingnya wisata bahari di wilayah pantai tersebut, maka kebersihan pantai dan laut juga adalah sesuatu hal yang perlu dilakukan.

“Karena itu, kita mengadakan rapat koordinasi dalam rangka gerakan cinta laut (Gita Laut), yang meliputi kegiatan bersih-bersih laut dan pantai, sekolah pantai, dan bagaimana kita membuat laut itu bersih dari sampah dan sisa limbah yang bisa menimbulkan pencemaran di laut,” ungkapnya saat ditemui awak media usai menjalani Rapat Koordinasi Gita Laut yang diselenggarakan di Aula Pertemuan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN), Jl. Pelabuhan Perikanan No. 1 Kota Cirebon hari Senin (2/10).

Advertisement

Menurutnya, sampah yang berada di laut ini sulit terurai. Dan jika dimakan ikan lalu dimakan oleh manusia, maka akan menimbulkan penyakit. Apalagi, banyak ikan yang makan berbagai macam mikro plastik yang berada di laut dan ini sudah diketahui pada saat penelitian.

“Kita akan cari pada saat Jambore Pesisir, kemudian bersih-bersih pantai dan laut,” tuturnya.

Dia menambahkan bahwa perlu adanya edukasi yang baik bagi masyarakat dalam hal pemberdayaan dan kebersihan kelautan. Dan juga perlu adanya tenaga didik di sekolah untuk mengajari tentang sumber daya kelautan dan perikanan.

“Cirebon merupakan kota bahari yang aksesnya sangat mudah. Diharapkan bisa dijadikan sebagai tempat destinasi wisata, baik nasional maupun internasional. Selain itu, di pelabuhan sendiri juga akan dikembangkan wisata kuliner,” pungkasnya.(Juf/RJN)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *