7 Juta Dollar Raib Hanya Dalam 3 Menit Akibat Ulah Hacker

by Juli 18, 2017
Teknologi 0   33 views 0
Advertisement

RakyatJabarNews.com – Kejadian peretasan kembali menghebohkan dunia. CoinDash Initial Coin Offering (ICO) berada dalam masalah serius. Perusahaan yang memungkinkan perdagangan cryptocurrency Ether (unit uang dari platform Ethereal) ini mengalami kerugian sebesar $ 7 juta hanya dalam waktu tiga menit saja.

Awalnya, perusahaan siap untuk melakukan putaran penggalangan dana yang besar dengan investor diberi kesempatan untuk berinvestasi di CoinDash bersama Ether. Ini adalah praktik yang mapan yang serupa dengan IPO, yakni beli ke perusahaan sekarang dengan imbalan token, yang dalam beberapa hal serupa dengan saham, dan berharap bisa menuai hasilnya nanti.

Namun, itu tidak sesuai dengan rencana akibat ulah hacker. Seperti yang dijelaskan di situs web perusahaan, peretas berhasil mengubah satu detail kecil namun sangat penting di situs CoinDash, yakni alamat rekening Ethereal. Dengan perubahan tersebut, dana yang awalnya diarahkan ke rekening CoinDash, justru masuk ke dalam rekening hacker.

“Sangat disayangkan bagi kami untuk mengumumkan bahwa kami telah mengalami serangan hacking selama acara Token Sale. Sebanyak $ 7 juta itu dicuri oleh pelaku yang saat ini tidak dikenal.” jelas perusahaan tersebut, Senin (17/7).

Advertisement

Menurut screenshoot saluran CoinDash Slack, yang diposting ke Reddit dan dikonfirmasi sebagai otentik oleh Motherboard, CoinDash menyadari apa yang terjadi dalam tiga menit, namun mereka telah memperbaikinya.

Netizen yang marah, baik itu yang pernah menjadi korban hacking atau bukan, dengan cepat membawa Reddit untuk melampiaskan rasa frustrasi mereka.

“Apakah ada bukti bahwa ini adalah sebuah hack?” tanya seorang Redditor.

“Bagaimana jika Coindash memasukkan alamat dan kemudian menangis hacker untuk lolos dengan ETH gratis?”

“Ini mungkin adalah awal dari awal,” ujar yang lain berspekulasi.

Namun, mereka yang mengirim Ether mereka ke alamat yang salah mungkin tidak sepenuhnya beruntung. CoinDash mengatakan masih akan mengeluarkan token kepada siapa saja yang ditipu (selama hal itu terjadi sebelum karyawan perusahaan menutup situs mereka saat menemukan hacker).

“CoinDash bertanggung jawab kepada semua kontributornya dan akan mengirimkan CDT [CoinDash Tokens] yang mencerminkan setiap kontribusi,” perusahaan tersebut mencatat lebih lanjut di situsnya. “Kontributor yang mengirim ETH ke alamat Ethereal yang curang, yang ditempatkan di situs kami dengan jahat, dan mengirim ETH ke alamat resmi CoinDash.io akan menerima bukti CDT mereka sesuai dengan itu.”

CoinDash, pada bagiannya, berhasil mengumpulkan $ 6,4 juta dari kontributor awal. (RJN)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *